Pemkab Bangka Tengah Fokus Sambut Gerhana Matahari Total

Kompas.com - 19/01/2016, 12:43 WIB
Gerhana matahari parsial terlihat di Kerry Park, Seattle, 23 Oktober 2014. AP PHOTO / The Seattle Times, LINDSEY WASSONGerhana matahari parsial terlihat di Kerry Park, Seattle, 23 Oktober 2014.
EditorI Made Asdhiana
KOBA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, kini fokus mempersiapakan kegiatan untuk menyambut fenomena alam gerhana matahari total (GMT) yang diharapkan mampu menarik minat wisatawan.

"Semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dilibatkan untuk menyambut kegiatan GMT ini," kata Kepala Dibudparpora Bangka Tengah, Zaidi di Koba, Minggu (17/1/2016).

Ia menjelaskan, berbagai persiapan sudah dilakukan, demikian pula kegiatan yang mendukung gerhana matahari total yang akan terjadi pada 9 Maret 2016.

"Ini peristiwa besar yang langka dan akan menjadi sejarah dunia. Sejarah itu tercatat di Kabupaten Bangka Tengah yang menjadi titik pantau," katanya.

Justru itu, pemerintah daerah benar-benar mengemas GMT ini menjadi sebuah kegiatan besar yang menarik minat pengunjung dari belahan dunia.

"Kami sangat optimistis pengunjung yang ingin menyaksikan GMT tidak hanya dari dalam tetapi juga dari negara lain," ujarnya.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Hutan Pelawan di Kabupaten Bangka Tengah sebagai salah satu obyek wisata di Provinsi Bangka Belitung.
Menurut Zaidi, hingga sekarang sudah tercatat puluhan calon pengunjung dari lima negara sudah konfirmasi untuk datang menyaksikan GMT.

Lima negara itu adalah AS, China, Jepang, Kanada, dan Perancis yang sudah memesan tiket melalui biro perjalanan untuk datang menyaksikan GMT.

"Titik pantau GMT kami pusatkan di sepanjang pantai Desa Terentang karena posisinya lebih bagus untuk bisa melihat GMT secara jelas," kata Zaidi.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Antara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X