Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Sunda dan Jawa Bersatu di Purwakarta

Kompas.com - 20/01/2016, 20:17 WIB

SAAD Sudiono (45) begitu terpana menyaksikan kisah Gatot Kaca Kelana Jaya yang dimainkan dalang Ki Enthus Susmono, Sabtu (16/1/2016) malam di Lapang Sahate, Kota Purwakarta, Jawa Barat.

Bersama keluarganya, pekerja pabrik keturunan Banyumas yang sudah lima tahun merantau di Purwakarta itu terlihat senang dan terhibur karena dapat berbaur dengan warga Sunda Purwakarta.

”Kesempatan seperti ini jarang sekali terjadi. Selain bisa berbaur dengan warga Purwakarta, saya juga bisa melampiaskan kerinduan terhadap kampung halaman,” tutur Saad saat menyaksikan kesenian kolaborasi wayang golek dan wayang kulit pada festival Banyumasan di pusat Kota Purwakarta.

Bagi pekerja seperti Saad, kesempatan menonton seni tradisional itu jarang sekali karena setiap akhir pekan digunakan untuk istirahat. Saat pulang kampung pun biasanya jarang menyempatkan diri menyaksikan seni tradisi karena waktunya bercengkerama dengan keluarga besar.

”Setelah menyaksikan seni ini, rindu sekali untuk pulang, sudah lima tahun saya bekerja di Purwakarta,” ujar Saad.

Malam itu Saad berbaur dengan ribuan penonton lain menyaksikan pergelaran seni bernuansa kolosal bertema ”Sunda-Jawa di Purwakarta”. Seminggu sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Purwakarta menyajikan tarian yang juga kolosal saat meresmikan taman air mancur terbesar di Asia Tenggara di Taman Sri Baduga, Kota Purwakarta.

Ki Enthus Susmono yang memainkan lakon Gatot Kaca itu menuturkan, sejak awal dirinya mengetahui Kabupaten Purwakarta dikelola melalui spirit kebudayaan.

Purwakarta, katanya, mengimplementasikan nilai-nilai seni Indonesia hingga dunia. Maka, sebenarnya tidak akan ada Indonesia jika tidak ada kebudayaan, termasuk tidak akan ada Purwakarta jika tiada kebudayaan.

”Puncak dari semua kegiatan itu berkah Kemahatunggalan Allah SWT. Jangan dikira dalang tidak memahami Ketauhidan, ya,” kilah Ki Enthus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com