Pariwisata Banyuwangi Sasar Perempuan, Anak Muda, dan "Netizen"

Kompas.com - 22/01/2016, 18:32 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
BANYUWANGI, KOMPAS.com - Untuk memasarkan pariwisata, Kabupaten Banyuwangi membidik tiga segmentasi wisatawan yaitu kaum perempuan, anak muda, dan pengguna internet (netizen).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda, saat dihubungi KompasTravel, Kamis (21/1/2016).

Bramuda memaparkan, jumlah perempuan di Indonesia ada 120 juta jiwa. Jumlah anak muda yang berusia antara 16 hingga 30 tahun mencapai 62 juta jiwa, sedangkan pengguna internet 82 juta.

"Tiga segmen itu yang mempunyai pasar yang sangat besar. Namun, tetap ada pendekatan pemasaran yang spesifik," katanya.

Selain itu, birokrasi juga berperan tidak hanya sebagai pelayan publik, tetapi bersama stakeholder juga ikut mempromosikan wisata yang ada di Banyuwangi.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Produk fashion yang banyak dicari untuk dijadikan oleh oleh di Osing Deles adalah kaos etnik Banyuwangi.
Menurut lelaki yang akrab dipanggil Bram tersebut, Banyuwangi juga menawarkan adventure dan experience yang berbeda dari daerah lain.

"Jika experience untuk wisata budaya dan wisata event lewat Banyuwangi Festival, sedangkan adventure untuk wisata alam dengan berbagai pilihan. Pada Banyuwangi Festival yang digelar sejak 2012, ada sekitar 35 event pariwisata setahun penuh yang berbasis wisata alam, budaya, dan olahraga," jelasnya.

Ia mencontohkan festival musik jazz, batik, olahraga, dan sebagainya, yang mendekati masing-masing segmen secara spesifik.

Selain itu, lanjut Bram, untuk inovasi berkelanjutan Pemkab Banyuwangi akan membuat ikon dan destinasi baru yang akan tuntas pada tahun 2016 ini.

"Ada Bandara Blimbingsari yang berkonsep hijau. Ada juga Grand Wisata Watudodol yang berada di wilayah Banyuwangi utara serta pembangunan dermaga kapal pesiar di Pantai Boom," jelasnya.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Festival Jazz di lereng Gunung Ijen, Banyuwangi, Sabtu (22/8/2015) malam.
Kabupaten Banyuwangi meraih penghargaan dari Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) dalam ajang "12th UNWTO Awards Forum" di Madrid, Spanyol, Rabu (20/1/2016) malam waktu setempat.

Banyuwangi menyabet "UNWTO Awards for Excellence and Innovation in Tourism" untuk kategori "Inovasi Kebijakan Publik dan Tata Kelola", mengalahkan nomine lainnya dari Kolombia, Kenya, dan Puerto Riko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.