Kompas.com - 23/01/2016, 17:31 WIB
EditorI Made Asdhiana
BERSEPEDA menuju Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, dari Kota Mataram kembali digelar pada 13-16 April 2016 oleh harian Kompas bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTB dan Kementerian Pariwisata.

Turing kali ini tidak saja melewati jalan beraspal di Pulau Lombok dan Sumbawa, tetapi juga akan menyinggahi Pulau Moyo yang terletak di utara kota Sumbawa Besar.

Dari Sumbawa Besar membutuhkan waktu pelayaran dua jam menuju pulau seluas 32.044,86 hektar itu. Pulau ini terkenal memiliki pantai berpasir putih nan indah dan air laut yang jernih.

Di dalam kawasan pulau terdapat pula hutan konservasi yang terjaga baik dan air terjun yang menawan. Mendiang Putri Diana pun pernah berwisata ke Pulau Moyo dan mandi di air terjun itu pada Agustus 1993.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Air Terjun Diwu Mbai di Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.
Sejumlah artis Hollywood, termasuk musisi Mick Jagger, serta mantan kiper nasional Belanda dan mantan kiper Manchester United, Edwin van der Sar, pernah bertandang ke pulau ini.

Mengedepankan konsep turing dan berkemah, perjalanan bersepeda ke Tambora kali ini diberi nama Tambora Bike Camp. Peserta Tambora Bike Camp akan menginap semalam di pulau ini.

Dari Moyo, peserta melanjutkan pelayaran ke Calabai, kemudian ke Ndoro Canga yang menjadi lokasi finis. Untuk mengikuti acara ini, peserta akan dipungut biaya pendaftaran Rp 1,5 juta, di luar tiket pesawat pergi-pulang. Pendaftaran dibuka melalui online pekan depan. (JAN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.