Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Bike Camp" ke Pulau Moyo

Kompas.com - 23/01/2016, 17:31 WIB
BERSEPEDA menuju Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, dari Kota Mataram kembali digelar pada 13-16 April 2016 oleh harian Kompas bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTB dan Kementerian Pariwisata.

Turing kali ini tidak saja melewati jalan beraspal di Pulau Lombok dan Sumbawa, tetapi juga akan menyinggahi Pulau Moyo yang terletak di utara kota Sumbawa Besar.

Dari Sumbawa Besar membutuhkan waktu pelayaran dua jam menuju pulau seluas 32.044,86 hektar itu. Pulau ini terkenal memiliki pantai berpasir putih nan indah dan air laut yang jernih.

Di dalam kawasan pulau terdapat pula hutan konservasi yang terjaga baik dan air terjun yang menawan. Mendiang Putri Diana pun pernah berwisata ke Pulau Moyo dan mandi di air terjun itu pada Agustus 1993.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Air Terjun Diwu Mbai di Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.
Sejumlah artis Hollywood, termasuk musisi Mick Jagger, serta mantan kiper nasional Belanda dan mantan kiper Manchester United, Edwin van der Sar, pernah bertandang ke pulau ini.

Mengedepankan konsep turing dan berkemah, perjalanan bersepeda ke Tambora kali ini diberi nama Tambora Bike Camp. Peserta Tambora Bike Camp akan menginap semalam di pulau ini.

Dari Moyo, peserta melanjutkan pelayaran ke Calabai, kemudian ke Ndoro Canga yang menjadi lokasi finis. Untuk mengikuti acara ini, peserta akan dipungut biaya pendaftaran Rp 1,5 juta, di luar tiket pesawat pergi-pulang. Pendaftaran dibuka melalui online pekan depan. (JAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com