Akhir Pekan, Pesta Durian di Festival Durian Semarang

Kompas.com - 24/01/2016, 10:32 WIB
Buah Durian KOMPAS.com/NAZAR NURDINBuah Durian
EditorNi Luh Made Pertiwi F
SEMARANG, KOMPAS.com -Pemerintah Kota Semarang kembali menggelar Festival Durian di kawasan Mijen Semarang yang pada tahun ini digelar selama dua hari, yakni 23-24 Januari 2016.

"Festival Durian ini digelar secara rutin setiap tahun pada musim durian. Tahun ini, diselenggarakan lagi," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang WP Rusdiana di Semarang, Jumat (22/1/2016).

Penyelenggaraan festival tersebut, kata dia, dimaksudkan untuk meningkatkan potensi pertanian di Kota Semarang, salah satunya buah durian yang ada di Kecamatan Mijen dan Gunungpati.

Menurut dia, para petani durian tentunya akan semakin tertarik untuk mengembangkan buah durian lokal dengan digelarnya festival itu secara rutin yang mengangkat potensi buah lokal.

Ia mencontohkan buah durian lokal khas Semarang, yakni varietas durian Kholil yang dikembangkan di Mijen sudah dikenal secara luas dan menjuarai berbagai perlombaan buah-buahan unggul.

"Kami berharap buah durian lokal ini bisa dikembangkan di kecamatan-kecamatan yang lain, seperti Tembalang, Banyumanik, dan kecamatan lain yang memungkinkan durian tumbuh subur," katanya.

Selain itu, kata Rusdiana, penyelenggaraan Festival Durian juga diharapkan bisa semakin mendongkrak potensi wisata di Kota Semarang, apalagi nantinya akan digelar di lokasi-lokasi lain.

"Rencananya, festival serupa akan digelar juga di Obyek Wisata Goa Kreo. Harapannya, potensi durian lokal ini bisa semakin mengangkat potensi pariwisata di Kota Semarang," katanya.

Untuk penyelenggaraan di Goa Kreo, ia menyebutkan direncanakan pada 4-7 Februari yang memungkinkan para pengunjung objek wisata itu menikmati buah durian sembari melihat keindahan alam.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto mengungkapkan pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan potensi wisata, salah satunya dengan Festival Durian.

"Festival ini merupakan momentum yang tepat untuk mengenalkan potensi buah lokal Semarang kepada masyarakat dari daerah lain karena kegiatan ini diikuti petani berbagai daerah," katanya.

Pada festival yang rencananya disediakan sebanyak 15 stan yang diisi masing-masing 1.000 durian itu, digelar pula berbagai perlombaan, seperti lomba makan durian tercepat dan durian terbesar.

Baca tentang


Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X