Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Jepa di Tepian Pantai Tanjung Babia

Kompas.com - 24/01/2016, 17:16 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


MAMUJU UTARA, KOMPAS.com - Liburan sambil berwisata bersama keluarga atau orang terkasih di Pantai Tanjung Babia Pasangkayu, Mamuju Utara, Sulawesi Barat, tak hanya menawarkan pesona pantai yang asri dan indah.

Di kawasan obyek wisata bahari sepanjang lima kilometer ini, juga menawarkan aneka kuliner tradisonal khas Mandar seperti jepa. Makanan khas ini terbuat dari parutan singkong dicampur kelapa parut.

Jepa biasa disajikan hangat dengan ikan bakar segar atau ikan masak bopiapia yang baru saja ditangkap nelayan. Rasanya dijamin bisa membuat Anda ketagihan dan betah tinggal berlama-lama di pantai ini.

Jepa menjadi ikon wisata di Pantai Babia. Bahkan para wisatawan bisa menyaksikan langsung bagaimana proses pembuatan makanan khas jepa, ikan bakar segar atau ikan masak bobiapia yang dimasak khusus dengan tungku.

Aroma ikan bakar dan ikan masak segar yang masih mengepul asapnya dijamin bisa "mengoyak" selera makan Anda. Tak heran jika libur akhir pekan, pantai ini menjadi salah satu pilihan favorit keluarga atau pasangan untuk menghabisakan waktu liburan.

Minim fasilitas

Sayang, karena minim fasilitas pendukung seperti penjaga pantai membuat sejumlah pengunjung harus berhati-hati menjaga anak-anak saat bermain di bibir pantai.

Selain itu, fasilitas tempat beritirahat seperti gasebo di kawasan ini dikeluhkan para wisatawan. Penataan pantai yang minim membuat sejumlah kendaraan pengunjung diparkir sembarangan.

Seperti pantauan Kompas.com, kendaraan roda dua dan roda empat diparkir di sembarang tempat hingga tampak semrawut dan memicu kemacetan di sepanjang jalan menuju kawasan wisata ini.

Riskal, salah satu wisatawan asal Palu, Sulawesi Tengah, yang kerap berlibur di kawasan ini mengaku tertarik untuk datang karena suasana pantai yang bersahabat dan asri.

Selain itu, ia mengaku karena pantai tersebut menawarkan aneka makanan atau kuliner Mandar yang khas dan sehat untuk pengunjung.

“Wisatawan tertarik tidak hanya karena keindahan dan keelokan pantainya. Tapi juga karena di kawasan ini tersedia aneka masakan tradisonal khas Mandar seperti jepa yang sudah tersohor,” ujar Riskal, salah pengunjung.

Riskal berharap pemerintah dalam hal ini dinas pariwisata bisa memoles kawasan wisata Pantai Babia agar semakin lebih menarik dan memikat wisatawan lokal mapun luar daerah datang ke kawasan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com