Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

April Mendatang, Saatnya Mencicipi Durian Merah khas Banyuwangi

Kompas.com - 25/01/2016, 20:15 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim durian telah datang, waktunya panen durian di berbagai daerah Indonesia. Di Banyuwangi, Jawa Timur, punya varietas durian langka yang bisa Anda cicipi di festival yang diselenggarakan tiap tahun.

“Kita akan keluarkan pada Festival Buah Lokal dalam rangkaian acara Agro Expo. Bertepatan dengan panen raya yang digelar di Banyuwangi, sekitar bulan April,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi MY Bramuda, saat dihubungi KompasTravel, Senin (25/1/2016).
Durian ini mempunyai tampilan luar sama seperti durian-durian lainnya, tetapi ketika dibelah akan terlihat daging merah yang merekah.

Bijinya lebih kecil dari durian pada umumnya. Sehingga daging durian ini cukup tebal. Keistimewaan lainnya adalah wangi yang lebih semerbak dari durian pada umumnya. Keunggulan-keunggulan ini yang membuat durian tersebut banyak dicari wisatawan.

Di acara Festival Buah Lokal, pengunjung bisa makan sepuasnya durian ini. Acara Banyuwangi Agro Expo sendiri akan diadakan bulan April mendatang. Seperti diungkapkan Bramuda, durian ini akan dijual dan dipamerkan secara masal dalam jumlah besar.

Menurut Bramuda, buah-buah unggul termasuk durian merah banyak didatangkan dari desa Songgon. Desa yang memang menjadi salah satu tempat pengembangan hasil kebun dan pertanian di Banyuwangi.

“Durian yang terbaik mayoritas akan didatangkan dari Songgon, termasuk buah-buah unggul lainnya,” ujar Bramuda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com