Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 5 Destinasi Wisata Paling Laris di New South Wales

Kompas.com - 26/01/2016, 09:07 WIB
Glori K. Wadrianto

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com - Dari sekian banyak objek wisata yang ada di kawasan New South Wales (NSW) Australia, tercatat ada lima destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Kelima tempat itu adalah, Opera House, Opera House, Sydney Harbour Bridge, Darling Harbour, Pantai Bondi, dan kawasan Chinatown.

Informasi ini diungkapkan Menteri Pariwisata, Perdagangan dan Acara Utama NSW Stuart Ayres dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (25/1/2016).

Pernyataan pers ini disampaikan menyusul pertanyaan yang dilayangkan sejumlah media dari Indonesia, termasuk KompasTravel yang ambil bagian dalam perjalanan wisata yang digelar oleh AirAsia X Indonesia bekerja sama dengan Destination NSW.

Dalam perjalanan sejak tanggal 16-22 Januari 2016 itu, Destination NSW sempat mengirimkan seorang utusan untuk menerima pertanyaan dari para wartawan terkait latar belakang dipilihnya Indonesia sebagai tempat promosi wisata bagi NSW.

Pertanyaaan itu kemudian disampaikan kepada Stuart Ayres yang kemudian memberikan jawaban secara tertulis. Namun, Stuart tidak merilis berapa angka wisatawan yang mengunjungi kelima destinasi itu.

"Data sampai dengan September 2015 lalu, lima negara yang turisnya terbanyak datang ke NSW adalah dari China, Selandia Baru, Amerika Serikat, Inggris dan Korea Selatan," kata Stuart.

Bagaimana dengan Indonesia? KompasTravel sempat menanyakan data terakhir tentang berapa besar wisatawan dari Indonesia yang berkunjung ke NSW.

Menurut Stuart, hingga September 2015 lalu, tercatat ada 60.000 turis asal Indonesia yang berkunjung ke NSW.

Angka 60.000 itu merupakan bagian dari total 3,3 juta pengunjung NSW yang tercatat hingga periode September 2015.

"Angka ini naik 5,8 persen dari capaian pada periode yang sama tahun 2014," kata Stuart lagi.

KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Pemandangan di kawasan Blue Mountain yang disaksikan dari Echo Point di Katoomba, New South Wales.
Semua di Sydney

Dari data yang diungkapkan Stuart mengenai destinasi paling laris di NSW tersebut terlihat bahwa seluruh tempat wisata tersebut berada di Sydney, Ibu Kota NSW.

Bahkan Opera House, Harbour Bridge, dan Darling Harbour berada dalam satu kawasan yang berdekatan. Chinatown pun berada di pusat kota Sydney.

Sementara, Pantai Bondi yang dalam bahasa Suku Aborigin berarti "ombak yang menghantam karang", berada di tepian Kota Sydney. Hanya perlu waktu tak lebih dari 30 menit dari Sydney CBD untuk menuju pantai tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com