Catat, 5 Festival Durian di Jawa Tengah - Kompas.com

Catat, 5 Festival Durian di Jawa Tengah

Kompas.com - 27/01/2016, 13:07 WIB
KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Festival Durian Candimulyo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang digelar 7-9 Maret 2014 lalu. Tahun ini, festival serupa akan digelar 19-21 Maret 2015 di Lapangan Candimulyo.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Tengah akan mulai menata festival durian yang diadakan oleh kota dan kabupaten di Jawa Tengah.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah, Prasetyo Ariwibowo, saat ditemui di sela-sela Rapat Koordinasi Nasional Kementerian Pariwisata di Jakarta, Selasa (26/1/2016)

Ia menuturkan kesuksesan festival-festival durian beberapa tahun belakangan ini menjadi latar belakang Disbudpar Jawa Tengah untuk lebih menata festival durian tersebut.

Prasetyo mengklaim bahwa Jawa Tengah merupakan provinsi yang paling banyak mengadakan festival durian. Sebab, ada lebih dari lima tempat di Jawa Tengah yang mengadakan festival durian tiap tahunnya. Tahun ini pun akan disiapkan sekitar lima bahkan lebih festival durian.

“Tahun ini yang sudah siap itu ada sekitar lima tempat. Kemarin Semarang, lalu nanti ada Lolong di Pekalongan, Magelang, Jepara, dan Semarang dua kali tapi beda daerah. Selebihnya nanti kita koordinasikan,” ujar Prasetyo.

Prasetyo pun mengatakan akan mulai mengkoordinasikan festival-festival tersebut. Dirinya mengakui bahwa festival durian di Jawa Tengah mengalami perkembangan yang bagus tiap tahunnya.

“Dalam waktu dekat ini, kita akan mulai mengkoordinasikan festival-festival tersebut. Harus segera, karena musim durian kan tidak lama, sehingga mau dibuat serangkaian. Agar tidak bertabrakan juga,” ujar Prasetyo.

Menurutnya, Festival Durian Mijen, Semarang yang telah diselenggarakan pada 23-24 Januari 2016 lalu merupakan festival durian terbesar sampai saat ini.

Festival tersebut terselenggara berkat kerja sama banyak petani durian Semarang dan sekitarnya, dengan menghadirkan lebih dari 1500 buah durian. Untuk festival kedua di Semarang sendiri akan diadakan di obyek wisata Goa Kreo, sekitar bulan Februari.

Sedangkan tanggal 31 Januari nanti, Pekalongan siap mengadakan festival durian tertua di Jawa Tengah yaitu Festival Durian Lolong. Festival ini sudah masuk tahun keempat.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorNi Luh Made Pertiwi F
Komentar

Close Ads X