Kompas.com - 27/01/2016, 21:16 WIB
EditorI Made Asdhiana
MAKASSAR, KOMPAS.com — Perayaan Cap Go Meh sebagai rangkaian peringatan Tahun Baru Tionghoa atau disebut Imlek yang jatuh pada 8 Februari 2016 tidak dilaksanakan seperti pada tahun-tahun sebelumnya di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Tahun ini, Cap Go Meh tidak dilakukan. Setelah prosesi Pappoe atau meminta doa kepada dewa-dewa di klenteng, keluar petunjuk Cap Go Meh tidak usah digelar," kata Ketua Ikatan Pemuda Tionghoa Sulsel, William Lauri, di Makassar, Rabu (27/1/2016).

Ia menjelaskan, Pappoe adalah sebuah ritual menggunakan sumpit dalam wadah yang diguncang-guncang sampai salah satu sumpit keluar dalam wadah tersebut. Sumpit itu kemudian dipercaya untuk dijadikan petunjuk.

Selain itu, Pappoe sering digunakan dalam permohoan pelaksanaan kegiatan ataupun pencarian jodoh serta proses kehidupan selanjutnya atau semacam prediksi dan perintah dari dewa-dewa ketika akan melaksanakan hajatan.

"Hampir semua kelenteng melakukan Pappoe dan hasilnya rata-rata sama petunjuknya, Cap Go Meh tahun ini ditiadakan, tetapi tetap ada rangkaian acara lainnya, hasil dari pertemuan lalu," ujar anggota DPRD Kota Makassar ini.

Kendati perayaan Cap Go Meh ditiadakan tahun ini, pihaknya tetap melaksanakan perayaan Imlek dengan berbagai kegiatan, seperti bakti sosial, open house di gedung Bamboden di Jalan Gunung Latimojong, pentas budaya, hingga Jappa-Joka disebut Kia-kia.

"Tetap ada kegiatan Imlek, tahun ini adalah Monyet Api. Meski Cap Go Meh seperti tahun lalu digelar di Jalan Sulawesi, tahun ini diganti dengan kegiatan Jappa-Joka. Nantinya Jalan Sulawesi ditutup, kemudian panitia memasang tenda dengan aneka jenis makanan. Tentunya orang akan berjalan kaki dan bisa menikmati makanan," tambah William.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.