2016, Sabang Jadi Pulau yang Paling Sering Dikunjungi "Cruise"

Kompas.com - 28/01/2016, 16:05 WIB
Pantai Gapang, Sabang, Aceh, Selasa (20/9/2011). KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO KOMPAS.COM / KRISTIANTO PURNOMOPantai Gapang, Sabang, Aceh, Selasa (20/9/2011). KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tahun 2016, Sabang, Aceh, akan menjadi pulau di Indonesia yang paling banyak dilalui kapal pesiar. Terhitung akan ada lebih dari 15 kapal pesiar dari berbagai negara yang akan datang ke pulau di ujung barat Indonesia tersebut.

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata mengharapkan kesiapan dari pemerintah daerah setempat untuk mengambil peluang tersebut.

“Sabang mendapat jatah 15 kapal pesiar Cruise akan berlabuh sepanjang 2016. Ini merupakan peluang besar, manfaatkan, jangan disia-siakan. Buat persiapannya dengan matang,” ungkap Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Investasi Pariwisata, Dadang Rizki Ratman, saat memberikan pengarahan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata Indonesia, Rabu (27/1/2016), yang dihadiri perwakilan dinas pariwisata dari berbagai daerah di Indonesia.

Ia memberi contoh Star Cruise akan datang ke Sabang pada bulan Januari hingga Agustus. Total ada empat kali kunjungan dan membawa 1.770 orang dalam satu kapal.

Dadang mengakui bahwa jumlah kedatangan kapal pesiar ke Indonesia mengalami kenaikan. Hal ini menurutnya sebuah pertanda jika Indonesia memang banyak diminati oleh wisatawan mancanegara.

Dari seluruh kapal pesiar yang akan datang sebanyak 15 kapal memang sudah mengonfirmasi kedatangannya di bulan-bulan tertentu. Namun, ada lagi beberapa kapal yang belum konfirmasi.

Oleh karena itu, seperti diungkapkan Amiruddin Cut Hasan, Kepala Bidang Pengembangan Usaha Dinas Pariwisata Provinsi Aceh, diperkirakan akan ada lebih dari 15 kapal yang akan datang.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X