Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2016, Sabang Jadi Pulau yang Paling Sering Dikunjungi "Cruise"

Kompas.com - 28/01/2016, 16:05 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tahun 2016, Sabang, Aceh, akan menjadi pulau di Indonesia yang paling banyak dilalui kapal pesiar. Terhitung akan ada lebih dari 15 kapal pesiar dari berbagai negara yang akan datang ke pulau di ujung barat Indonesia tersebut.

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata mengharapkan kesiapan dari pemerintah daerah setempat untuk mengambil peluang tersebut.

“Sabang mendapat jatah 15 kapal pesiar Cruise akan berlabuh sepanjang 2016. Ini merupakan peluang besar, manfaatkan, jangan disia-siakan. Buat persiapannya dengan matang,” ungkap Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Investasi Pariwisata, Dadang Rizki Ratman, saat memberikan pengarahan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata Indonesia, Rabu (27/1/2016), yang dihadiri perwakilan dinas pariwisata dari berbagai daerah di Indonesia.

Ia memberi contoh Star Cruise akan datang ke Sabang pada bulan Januari hingga Agustus. Total ada empat kali kunjungan dan membawa 1.770 orang dalam satu kapal.

Dadang mengakui bahwa jumlah kedatangan kapal pesiar ke Indonesia mengalami kenaikan. Hal ini menurutnya sebuah pertanda jika Indonesia memang banyak diminati oleh wisatawan mancanegara.

Dari seluruh kapal pesiar yang akan datang sebanyak 15 kapal memang sudah mengonfirmasi kedatangannya di bulan-bulan tertentu. Namun, ada lagi beberapa kapal yang belum konfirmasi.

Oleh karena itu, seperti diungkapkan Amiruddin Cut Hasan, Kepala Bidang Pengembangan Usaha Dinas Pariwisata Provinsi Aceh, diperkirakan akan ada lebih dari 15 kapal yang akan datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com