Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan Ini, Festival Durian Lolong Pekalongan Siap Digelar

Kompas.com - 28/01/2016, 20:15 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, menyatakan bahwa kegiatan "Festival Durian Lolong" akan digelar di sekitar obyek wisata Desa Lolong, pada 31 Januari 2016.

"Pada 'Festival Durian 2016', panitia menetapkan tiket masuk Rp 80.000 per pengunjung dan mereka akan mendapatkan dua sampai tiga buah durian lokal dengan rasa khas," kata Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Pekalongan, Fuadi Jaman di Pekalongan, Kamis (28/1/2016).

Menurut dia, seperti pada tahun sebelumnya, pada "Festival Durian", panitia juga akan menyediakan gunungan durian besar dan tumpeng durian berasal dari sumbangan warga Desa Lolong.

"Makanan gunungan durian besar dan tumpneg durian akan disajikan untuk para pengunjung tanpa dipungut biaya lagi," katanya.

Selain itu, kata dia, panitia juga melombakan buah durian berkualitas yang akan diikuti oleh para petani durian dan akan dinilai oleh dewan yuri yang terdiri atas dinas terkait dan para pakar durian.

"Nantinya, Bupati Pekalongan juga akan mengumumkan buah durian favorit dari hasil lomba tersebut," katanya.

Ia mengatakan pada kegiatan "Festival Durian" itu, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan sejumlah kesenian tradisional dan musik.

"Kami berharap even ini bisa mengangkat potensi daerah, khususnya di wilayah Kabalong (Karanganyar, Limbangan, dan Lolong)," katanya.

Kepala Seksi Pemasaran Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata, Dodhy Purwanto mengatakan Festival Durian Lolong sudah diselenggarakan untuk kali ke-6 pada saat petani panen durian.

"Kami berharap pada masyarakat bisa memopulerkan atau ikut memasarkan potensi wisata yang dimiliki daerah setempat," katanya.Budi Suyanto

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com