Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Datang, Kunjungan Wisatawan ke Candi Borobudur Tetap Normal

Kompas.com - 29/01/2016, 15:29 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Rencana kunjungan Presiden Jokowi ke Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (29/1/2016) sore, tidak mempengaruhi kunjungan wisatawan ke candi tersebut.

Ratusan wisatawan baik domestik maupun mancanegara terus berdatangan melalui gerbang utama destinasi wisata bertaraf dunia itu. Pengelola PT Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) pun tidak menutup akses wisatawan yang hendak berwisata.

"Kami tidak membatasi kunjungan, semuanya normal seperti biasa, sesuai dengan permintaan Bapak Presiden sendiri yang menginginkan agar kunjungannya tidak mengganggu wisatawan," kata Wakil Sementara Kepala Unit PT. TWCB Aryono Hendro Malyanto, Jumat (29/1/2016).

Aryono menjelaskan Jokowi datang Candi Borobudur untuk mengadakan rapat terbatas tentang peningkatan pariwisata Indonesia di Hotel Manohara, kompleks Taman Wisata Candi Borobudur. Rapat tersebut akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan beberapa menteri terkait.

Selain itu, Jokowi juga direncanakan akan melakukan foto session di pelataran Candi Buddha terbesar di dunia itu guna promosi Wonderful Indonesia. "Jokowi juga akan berkeliling komplek Candi Borobudur naik kereta wisata," kata Aryono.

Kedatangan Jokowi akan disambut oleh sejumlah pejabat, antara lain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Jaswadi, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Noer Ali, Direktur Utama PT TWCBPRB Edi Setijono dan lainnya.

Meski demikian pengelola tetap melakukan pengamanan ketat terhadap wisatawan bekerja sama dengan aparat TNI, Polri dan petugas internal. Setiap wisatawan wajib masuk lewat maingate dan menjalani serangkaian pemeriksaan petugas.

"Akan ada petugas yang berjaga di maingate, wisatawan harus melewati alat pendeteksi logam maupun pemeriksaan barang bawaan mereka sebelum naik ke Candi Borobudur," jelas Aryono.

Selain terlihat pengamanan yang ketat, puluhan petugas kebersihan Candi Borobudur juga tampak bekerja membersihkan taman-taman maupun akses jalan di dalam komplek Taman Wisata Candi Borobudur yang rencananya yang dilewati rombongan Jokowi.

"Biasanya juga dibersihkan, tapi kali ini khusus untuk menyambut Bapak (Jokowi)," ujar Rahmat, petugas kebersihan yang sedang mencabuti rumput di pelataran Candi Borobudur.

Usai berkunjung ke cagar budaya peninggalan Raja Samaratungga abad ke VIII itu Jokowi direncanakan akan menghadiri agenda Forum Rektor Nasional di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Yogyakarta, Jumat malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com