Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2016, Pulau Komodo Jadi Destinasi Wisata Unggulan

Kompas.com - 29/01/2016, 17:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah daerah Nusa Tenggara Timur memilih Pulau Komodo sebagai destinasi unggulan untuk wisatawan pada tahun 2016. Dengan demikian, wisatawan dari Bali dan Nusa Tenggara Barat dapat berkunjung ke Nusa Tenggara Timur.

"Tahun ini diutamakan Komodo sebagai pintu masuk dari Bali dan Nusa Tenggara Barat. Selama ini kan turis ke Bali lalu pulang," kata Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Benny Litelnoni kepada KompasTravel usai Jumpa Pers Tour de Flores 2016 di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Ia mengatakan Pulau Komodo menawarkan pengalaman kepada wisatawan untuk melihat hewan Komodo. Sementara, pengalaman lain yang ditawarkan adalah wisata bahari di Pulau Komodo.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Danau Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Selasa (2/6/2015).
"Nanti kita akan promosikan Pulau Komodo melalui event-event seperti Tour de Flores nanti. Jadi nanti wisatawan bisa tinggal selama 7 hari," jelasnya.

Namun selain Pulau Komodo, Benny juga mengaku akan menawarkan destinasi-destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur seperti Ende, Alor, dan Rote.

Ia mengatakan Ende memiliki obyek wisata Danau Kelimutu sementara Rote memiliki ombak-ombak yang cocok untuk berselancar.

"Ini kita akan promosi semua dengan event-event yang ada. Sementara target dari pak Menteri Pariwisata, NTT dikunjungi sebanyak 120.000 wisatawan," jelasnya.

KOMPAS/YOVITA ARIKA Wisatawan berfoto di puncak bukit di Pulau Padar dengan latar belakang teluk-teluk yang ada di pulau yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, tersebut, 31 Agustus 2015.
Adapun Pulau Komodo dan Kelimutu termasuk sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang akan ditetapkan bersama 23 daerah lain. Kawasan Strategis Pariwisata Nasional tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Republik Indonesia nomor 50 tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan 2010-2025.

Pulau Komodo terletak di Kabupaten Manggarai Barat dan sementara Danau Kelimutu berada di Kabupaten Ende. Wisatawan dapat menggunakan penerbangan ke Bandar Udara Komodo untuk titik masuk ke Pulau Komodo dan juga Bandar Udara H. Hasan Aroeboesman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com