Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-Siap, Perayaan Imlek Akan Ramaikan Lombok

Kompas.com - 30/01/2016, 15:01 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah acara perayaan Tahun Baru Imlek 2567/2016 akan diadakan di Nusa Tenggara Barat. Berbagai acara mulai dari pertunjukan barongsai hingga pembagian Lontong Cap Go Meh akan memeriahkan Kota Lombok.

"Nama acaranya Silahturahmi Kebudayaan Tahun Baru Imlek. Ada penampilan kesenian dari China. Tanggal 20 Februari nanti di Cakra," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat, Lalu Mohammad Faozal kepada KompasTravel di sela-sela Rapat Kordinasi Nasional Kementerian Pariwisata di Jakarta, Rabu (20/1/2016) lalu.

Acara perayaan Imlek di Lombok akan dipusatkan di Perempatan Jalan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Ia mengatakan perayaan Imlek di Lombok adalah bentuk silahturahmi kebudayaan untuk menunjukkan toleransi antarumat beragama. Pemilihan tempat di Cakra juga memiliki pertimbangan tersendiri bagi Faozal.

"Karena di Cakra komunitas China-nya kuat. Ini yang pertama kali diadakan di Lombok," ungkapnya.

Adapun acara-acara kesenian yang diselenggarakan antara lain pembagian kuliner khas Tahun Baru Imlek yakni kue keranjang dan lontong cap go meh, pertunjukan seni tari China dengan kolaborasi tari-tari dari Sumbawa, Sasak, Bali, serta pertunjukan sulap.

Ketua Panitia Silahturahmi Kebudayaan Tahun Baru Imlek 2567/2016, Bing Hamidi saat dihubungi KompasTravel, Jumat (29/1/2016) mengatakan acara perayaan Imlek ini pertama kali digelar kepada masyarakat umum. Acara tersebut, lanjut dia, akan dimulai pada pukul 20.00 hingga pukul 22.00 WITA.

"Kami mengajak masyarakat Lombok, masyarakat, adat Sasak, suku Bali, dan komunitas agama-agama untuk menyaksikan kebudayaan China. Sebelumnya juga ada pasar murah sembako dan alat-alat tulis di Jalan Pejanggih pukul 15.00-18.00 WITA," ungkap Bing.

Acara perayaan Imlek tersebut, Bing telah merencanakan sejak bulan Desember 2015 lalu. Ia mengharapkan acara yang akan digelar tersebut bisa menarik kunjungan wisatawan di Lombok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com