Kedatangan Panda ke Taman Safari Diundur

Kompas.com - 01/02/2016, 20:07 WIB
Pengunjung berfoto dengan burung julang emas (Aceros undulatus) koleksi Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat, Minggu (26/9/2010). Burung keluarga hornbil yang tersebar di India, Vietnam, dan Indonesia ini terancam punah karena perburuan paruhnya dan habitatnya terganggu. KOMPAS/LUCKY PRANSISKAPengunjung berfoto dengan burung julang emas (Aceros undulatus) koleksi Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat, Minggu (26/9/2010). Burung keluarga hornbil yang tersebar di India, Vietnam, dan Indonesia ini terancam punah karena perburuan paruhnya dan habitatnya terganggu.
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Kedatangan panda di Taman Safari Indonesia, Jawa Barat diundur hingga akhir tahun 2016. Pasalnya, pihak Taman Safari Indonesia masih mempersiapkan infrastruktur dan transportasi panda menuju Indonesia.

"Rencananya kan akhir tahun kemarin, sekarang mudah-mudahan akhir tahun 2016. Kita masih siapkan infrastruktur seperti penanaman bambu untuk makan panda. Bambunya khusus dari China. Kita sudah tanam dari dua tahun lalu sebelum rencana pandanya datang," kata Marketing Executive Taman Safari Indonesia Group, Wisnu Wardana usai Media & Blogger Gathering di Jakarta, Sabtu (30/1/2016).

Ia menambahkan persiapan pembuatan kandang panda di Taman Safari Indonesia telah selesai. Namun, yang menjadi tantangan selanjutnya adalah transportasi panda dari China ke Indonesia.

"Kita masih cari maskapai yang bisa membawa panda dari China. Karena kan selama perjalanan kan suhunya harus dingin untuk si panda. Sekarang kita buka kerja sama sama pihak maskapai," ungkap dia.

Sebelumnya, pada April 2015 lalu, pihak pengelola Taman Safari Indonesia memberikan informasi kepada KompasTravel, panda dari China akan hadir pada akhir tahun 2015. Namun, sampai saat ini, panda tersebut ternyata belum hadir.

Pantauan KompasTravel dari foto kandang panda yang ditunjukkan oleh Wisnu, terdapat sepasang patung panda di depan pintu masuk kandang. Rumah tersebut berarsitektur China dan beberapa bagian berwarna merah.

Taman Safari Indonesia terletak di Jalan Raya Puncak no 601, Cibereum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Selain di Bogor, terdapat juga Taman Safari Prigen dan Bali Safari Marine Park yang berada dalam pengelolaan satu grup.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X