Wisata Bawean, dari Keindahan Taman Laut hingga Binatang Endemik

Kompas.com - 02/02/2016, 12:09 WIB
Wisatawan menikmati keindahan alam bawah laut perairan Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa (20/5/2014). Hingga kini, potensi keindahan alam bawah laut perairan Pulau Bawean masih
belum tergarap maksimal. KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTAWisatawan menikmati keindahan alam bawah laut perairan Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa (20/5/2014). Hingga kini, potensi keindahan alam bawah laut perairan Pulau Bawean masih belum tergarap maksimal.
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Pulau Bawean, yang masuk kedalam wilayah Kabupaten Gresik, Jaa Timur, kini mempunyai akses baru. Tidak perlu menunggu tiga jam perjalanan laut, kini Bandara Harun Tohir Bawean resmi beroperasi pada Sabtu (30/1/2016).

Semakin mudah untuk berwisata ke pulau yang dinilai mempunyai potensi seperti Bali dan Bunaken ini. Sebelum ada penerbangan, pengunjung harus menempuh laut selama 3-8 jam. Bahkan jika ombak besar, maka jadwal kapal ke dan dari Bawean bisa tertunda empat sampai lima hari.

Dengan adanya penerbangan, tentu memudahkan wisatawan untuk menikmati pesona pulau mayoritas dihuni wanita ini. Saatnya Anda mencoba eksotika keindahan pantai, budaya hingga flora faunanya. 

Keunggulan

Pulau Bawean merupakan gugusan kepulauan yang berjarak sekitar 120 Km ke utara jika dihitung dari Kabupaten Gresik. Dengan luas 196 km persegi, pulau ini memiliki daya tarik pariwisata yang luar biasa.

Pasir putih terhampar di hampir semua pantainya, termasuk pulau-pulau kecil di sekitarnya. Anda dapat melihat matahari terbenam atau sunset terbaik dari berbagai sudut pulau. Belum lagi keindahan bawah laut yang mengagumkan, tak heran hampir semua pantainya memiliki spot snorkeling. 

Bosan dengan wisata pantai dan laut, anda bisa mengeksplor daratan yang hanya terdiri dari 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak. Terdapat danau air  tawar yang  eksotis  karena  bisa  berubah  warna  sesuai  musim, juga air terjunnya dengan ketinggian 10 meter.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Senja di Pulau Cina, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.
Di Bawean terdapat spesies rusa endemik yang dilindungi, yaitu Axis Kuhli. Saat ini jumlah rusa Bawean diperkirakan tinggal 400 hingga 600 ekor, tentunya Anda dapat mengunjungi penangkarannya yang terletak di sebuah lembah terpencil.

Khawatir dengan kebutuhan perut? Bawean merupakan salah satu pulau yang melimpah hasil lautnya. Anda akan ditawarkan banyak kuliner seafood, seperti ikan segar, termasuk lobster hijau bambu khas Bawean. Juga kuliner olahannya seperti kocok-kocok alias fish cake, baso ikan dan sambal Bawean yang akan mengoyak lidah anda.

Uniknya mayoritas pulau ini adalah perempuan, karena para laki-laki banyak yang merantau ke negeri Jiran. Pulau ini memang terkenal, akan perantaunya yang sukses di Singapura ataupun Malaysia.

Akses

Semakin penasaran dengan pulau ini, saatnya mencoba kemudahan yang ditawarkan bandara baru. Jika dari Jakarta, anda bisa menggunakan transportasi darat maupun udara terlebih dahulu ke Surabaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X