Kompas.com - 02/02/2016, 13:02 WIB
Penulis Reza Pahlevi
|
EditorLatief


KOMPAS.com – Kunci perjalanan wisata yang bisa berkesan dan terus terkenang adalah menentukan pilihan lokasi yang tepat. Riset awal, termasuk menyimak cerita "para pendahulu", bisa jadi cara penentuan lokasi tersebut. Pernah dengar wisata di Taiwan, misalnya?

Selama ini Taiwan nyaris dianggap sama saja dengan negara tetangganya, China. Kalaupun ada yang tahu soal negara ini, kebanyakan hanya tahu urusan bisnis. Padahal, ada banyak lokasi wisata layak disambangi di sini.

Ya, untuk wisata air sampai teknologi, misalnya, Taiwan punya semuanya. Mau tahu lokasi dan cara mendatanginya? Simak bocorannya berikut ini:

Taman Nasional Naroko

Seluas 92.000 hektar, Taman Nasional Taroko punya tebing pualam yang menjulang tinggi dihiasin aneka ornamen bak kristal berkilauan. Setelah mencapai puncaknya, pemandangan jurang yang curam memperlihatkan keindahan alur sungai berlika-liku. 

Ada tujuh jalur yang bisa dilintasi untuk sampai ke puncak tebing itu. Tiga di antaranya adalah Shakadang Trail, Changcun Trail, dan Chongde Trail.

Di sepanjang jalur itu pengunjung juga bisa melihat beragam flora, serta fauna. Bahkan, ada kuil dengan arsitektur tiang-tiang besar berwarna merah dengan gapura kayu di depannya.

Kesempatan berinteraksi dengan suku asli Taroko merupakan "bonus" lain di sini. Mereka adalah Suku Truku yang masih menjaga dan menjalani tradisi leluhur.

Bagi kaum pria, suku ini masih menerapkan cara berburu sebagai metode produksi utama mereka. Sementara itu, para wanitanya bertanggung jawab atas tenun dan pertanian. Semua ini sudah berjalan sejak zaman nenek moyang mereka dan bertahan secara turun-temurun hingga Anda saksikan nanti. 

Taman nasional ini berlokasi di kawasan utara Taiwan. Untuk menjangkaunya, dari Taipei Anda bisa menumpang kereta tujuan Xincheng. Dengan harga tiket setara Rp 100.000 sampai Rp 300.000, dari stasiun itu Anda bisa menumpang bus tujuan Hualien yang langsung menuju ke taman tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.