Kompas.com - 02/02/2016, 13:17 WIB
Banyaknya penyelenggaraan acara festival seni, budaya, dan kuliner mulai menghidupkan kawasan Kota Lama di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (19/9/2015). Upaya meramaikan kawasan Kota Lama yang telah dilakukan banyak komunitas ini mulai banyak menarik investor. KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASABanyaknya penyelenggaraan acara festival seni, budaya, dan kuliner mulai menghidupkan kawasan Kota Lama di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (19/9/2015). Upaya meramaikan kawasan Kota Lama yang telah dilakukan banyak komunitas ini mulai banyak menarik investor.
|
EditorI Made Asdhiana
SEMARANG, KOMPAS.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menargetkan bisa menarik sebesar-besarnya wisatawan mancanegara dari tiga negara, yaitu Bangkok (Thailand), Beijing (China), dan Hongkong.

Target itu akan berjalan seiring beroperasinya bandara baru Internasional Ahmad Yani Semarang yang diperkirakan pengerjaannya selesai pada tahun 2017.

Sembari menunggu, Ganjar tengah menyiapkan rencana besar, terutama untuk menarik wisatawan masuk ke Jawa Tengah.

“Tahun 2017 Bandara Ahmad Yani yang baru sudah selesai. Saya sudah minta sama Garuda Indonesia untuk bisa melakukan direct flight (penerbangan langsung) minimal dari Bangkok, Hongkong, dan Beijing,” kata Ganjar saat berbincang di kawasan Kota Lama Semarang, Selasa (2/2/2016).

Penerbangan langsung dari kawasan itu ke Semarang sekaligus untuk mengembangkan wisata yang ada di Kota Semarang. Jalur Sutera, jalur pelayaran Ceng Ho misalnya ada di Semarang dinilai tepat untuk menarik wisatawan dari Beijing, dan sebagian dari Hongkong.

“Bangkok, Hongkong, Beijing bisa disedot untuk datang. Kalau perlu datang ke kepala negara yang bersangkutan dan bicara soal itu, saya siap,” tambah politisi PDIP ini.

KOMPASCOM/NAZAR NURDIN Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ngobrol dengan komunitas di gedung De Spiegel, Kawasan Kota Lama Semarang, Minggu (17/1/2016).
Ganjar meyakini akan bisa menarik wisatawan sebanyak-banyaknya. Apalagi Indonesia telah memberlakukan bebas visa kunjungan untuk 174 negara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, Ganjar telah meminta bantuan dari pemangku kepentingan lain untuk lebih mempromosikan Kota Semarang ke tingkat internasional. Salah satu yang telah dimintai bantuan antara lain dari Kementerian Luar Negeri.

“Menlu-nya orang Semarang. Saya sudah minta agar ikut promosikan Kota Lama jadi heritage internasional. Menlu bilang siap. Saya kira seluruh stake holder jika diminta bisa membantu,” imbuhnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.