Kompas.com - 04/02/2016, 09:07 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
BEKASI, KOMPAS.com - Akhir pekan ini akan menjadi waktu terbaik untuk melihat bunga bangkai raksasa atau Amorphophallus titanum di Rumah Perubahan, Bekasi. Pasalnya, pengelola memprediksi bunga bangkai tersebut akan segera mekar sempurna pada Sabtu (6/2/2016) atau Minggu (7/2/2016).

"Sekarang kalau dilihat sudah beda kondisi mekarnya dibanding pas wartawan Kompas kemarin datang (Selasa, 2 Februari 2016). Prediksinya Sabtu atau Minggu ini bisa kelihatan cantik," kata Pengelola Rumah Perubahan, Afifa Anistia saat ditemui KompasTravel di Rumah Perubahan, Jati Murni, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, Rabu (3/2/2016).

Ia mengaku saat melihat pada pagi hari tadi, bunga Amorphopallus belum terlihat mekar seperti dilihat pada pukul 17.00 WIB. Afifa mengatakan kelopak bunga bangkai tersebut telah mulai terbuka.

"Nanti kalau sudah mekar sempurna tahannya antara 8-48 jam. Setelah itu membusuk," tambah dia.

Pantauan KompasTravel, kelopak bunga Amorphopallus berwarna hijau dan bagian dalamnya berwarna ungu. Di bagian tengah bunga, terdapat inti bunga berwarna agak kekuningan. Di sekitar, bunga Amorphopallus tumbuh bunga kamboja dan juga diberi pembatas yang berjarak sekitar satu meter dari bunga.

Bunga bangkai tersebut telah ditanam 10 tahun silam di Rumah Perubahan yang terletak di Kelurahan Jatimurni, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi. Bunga itu dibudidayakan oleh sang pendiri Rumah Perubahan, Rhenald Kasali.

Amorphopallus titanum merupakan tanaman endemik Sumatera yang dapat dibudidayakan di dataran rendah yang bercuaca panas, seperti di Bekasi atau Jakarta. Tak heran jika bunga tersebut dapat tumbuh di Rumah Perubahan 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.