Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Terbaik Melihat Bunga Bangkai Raksasa di Bekasi?

Kompas.com - 04/02/2016, 09:07 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com - Akhir pekan ini akan menjadi waktu terbaik untuk melihat bunga bangkai raksasa atau Amorphophallus titanum di Rumah Perubahan, Bekasi. Pasalnya, pengelola memprediksi bunga bangkai tersebut akan segera mekar sempurna pada Sabtu (6/2/2016) atau Minggu (7/2/2016).

"Sekarang kalau dilihat sudah beda kondisi mekarnya dibanding pas wartawan Kompas kemarin datang (Selasa, 2 Februari 2016). Prediksinya Sabtu atau Minggu ini bisa kelihatan cantik," kata Pengelola Rumah Perubahan, Afifa Anistia saat ditemui KompasTravel di Rumah Perubahan, Jati Murni, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, Rabu (3/2/2016).

Ia mengaku saat melihat pada pagi hari tadi, bunga Amorphopallus belum terlihat mekar seperti dilihat pada pukul 17.00 WIB. Afifa mengatakan kelopak bunga bangkai tersebut telah mulai terbuka.

"Nanti kalau sudah mekar sempurna tahannya antara 8-48 jam. Setelah itu membusuk," tambah dia.

Pantauan KompasTravel, kelopak bunga Amorphopallus berwarna hijau dan bagian dalamnya berwarna ungu. Di bagian tengah bunga, terdapat inti bunga berwarna agak kekuningan. Di sekitar, bunga Amorphopallus tumbuh bunga kamboja dan juga diberi pembatas yang berjarak sekitar satu meter dari bunga.

Bunga bangkai tersebut telah ditanam 10 tahun silam di Rumah Perubahan yang terletak di Kelurahan Jatimurni, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi. Bunga itu dibudidayakan oleh sang pendiri Rumah Perubahan, Rhenald Kasali.

Amorphopallus titanum merupakan tanaman endemik Sumatera yang dapat dibudidayakan di dataran rendah yang bercuaca panas, seperti di Bekasi atau Jakarta. Tak heran jika bunga tersebut dapat tumbuh di Rumah Perubahan 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com