Merayakan Imlek Bersama di "Pulau Seribu Masjid"

Kompas.com - 05/02/2016, 09:22 WIB
Menjelang perayaan imlek, Vihara Bodhi Dharma di Ampenan, Kota Mataram, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat mulai berbenah, Kamis (4/2/2016). KOMPAS.COM/KARNIA SEPTIAMenjelang perayaan imlek, Vihara Bodhi Dharma di Ampenan, Kota Mataram, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat mulai berbenah, Kamis (4/2/2016).
|
EditorI Made Asdhiana
MATARAM, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya perayaan Imlek bersama akan diselenggarakan di Lombok, "pulau seribu masjid", Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ketua panitia Imlek, Bing Hamidi mengatakan, perayaan Imlek bersama di Lombok merupakan cermin kebersamaan dan kerukunan, antara etnis Tionghoa dengan masyarakat lokal setempat.

"Salah satu simbol kerukunan, kita akan tunjukkan pada dunia bahwa Lombok aman dan kita bisa hidup berdampingan bersama-sama," kata Bing, di Mataram, Minggu (30/1/2016).

Puncak acara imlek bersama yang dikemas dalam "Silaturahmi Budaya Tionghoa dan Nusantara" rencananya akan diselenggarakan di Cakranegara, Kota Mataram, pada 20 Februari 2016.

Bing mengatakan, jalan-jalan di seputaran Cakranegara nantinya akan dipercantik dengan hiasan lampion untuk menghadirkan suasana Chinatown di Lombok.

Menurut Bing, dalam rangka merayakan Imlek kali ini, rombongan kesenian dari China akan berkolaborasi dengan kesenian daerah Lombok.

Atraksi kesenian Tionghoa seperti barongsai dan liong akan berkolaborasi dengan kesenian daerah seperti gendang beleq serta beberapa tari-tarian tradisional dari Suku Sasak (Lombok), Samawa (Sumbawa), dan Mbojo (Bima).

"Kami akan tunjukkan kebersamaan kami dengan masyarakat yang ada di Pulau Lombok. Karena kan tahun baru Imlek bukan hanya tahun baru orang Tionghoa saja, tapi termasuk libur nasional," kata Bing.

Ia berharap, perhelatan Imlek bersama di Lombok dapat menarik antusias wisatawan domestik dan luar negeri berkunjung ke "pulau seribu masjid".



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X