Keberagaman dan Keindonesiaan di Tahun Monyet Api

Kompas.com - 05/02/2016, 11:32 WIB
EditorI Made Asdhiana

TAHUN 2016 disebut sebagai tahun monyet api. Monyet merupakan binatang penuh dinamika, meloncat dari satu pohon ke pohon lain. Kondisi itulah gambaran yang akan dihadapi Indonesia, banyak tantangan karena lebih banyak dinamika.

Namun, bukan berarti tantangan itu tidak bisa ditaklukkan. Mempererat rasa persaudaraan di tengah keberagaman dan memupuk jiwa keindonesiaan menjadi modal menghadapi dinamika secara bersama-sama.

Makna Imlek itu ditampilkan Panitia Imlek 2567 dan Festival Cap Go Meh 2016 Kota Singkawang, Kalimantan Barat, melalui tema yang diusung ”Kebahagiaan, Persaudaraan, dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”.

Imlek menjadi momentum mempererat persaudaraan di tengah keberagaman sebagai bangsa Indonesia.

Sumberanto Tjitra, Sekretaris Panitia Imlek dan Festival Cap Go Meh Kota Singkawang, Rabu (3/2/2016), menuturkan, 2016 diprediksi menjadi tahun yang agak keras.

Persaingan akan semakin ketat, khususnya dari segi ekonomi. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi akan cukup besar. ”Bagaimana menghadapinya, ya, melakukan hal-hal yang positif yang bersifat kebersamaan. Itulah makna Imlek yang kami kemas,” ujar Sumberanto.

Keberagaman adalah kodrat yang diberikan Tuhan kepada bangsa Indonesia. Sebenarnya perbedaan yang ada bisa menjadi modal dasar untuk membangun bangsa ini asalkan saling menghargai perbedaan.

Perbedaan bukan menimbulkan konflik, melainkan bersatu menghadapi dinamika yang dihadapi itu dengan segala kekurangan dan kelebihan.

Melalui tema ini, masyarakat diajak untuk berbagi kebahagiaan sebagai saudara meskipun dari latar belakang yang berbeda, tetapi disatukan dalam NKRI. Momentum Imlek dan Cap Go Meh ini memberikan sukacita perdamaian kepada anak bangsa.

Momentum mempererat tali persaudaraan. Jika cara pandang itu yang dikembangkan, tantangan di tahun monyet ini bisa diatasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X