Kompas.com - 05/02/2016, 15:10 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com - Kecamatan Jailolo di Halmahera Barat menjadi salah satu alternatif tempat untuk melihat gerhana matahari total pada 9 Maret mendatang.

Setelah melihat gerhana matahari total di Jailolo, wisatawan dapat mengunjungi berbagai tempat wisata di Jailolo, seperti pemandangan bawah laut, peninggalan sejarah, dan panorama alam kawasan hutan habitat burung bidadari, burung endemik Halmahera.

Jailolo terletak di seberang Pulau Ternate. Wisatawan yang datang ke sana harus menggunakan moda transportasi darat maupun laut. Jika berencana berwisata ke sana Maret mendatang, berikut panduan transportasi untuk menuju Jailolo.

Dari Jakarta sebagai ibu kota negara, Jailolo bisa ditempuh melalui jalur udara dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Sultan Babulah. Pesawat yang melayani rute Jakarta-Ternate antara lain Garuda, Lion Air, dan Sriwijaya. Rute tersebut tersedia setiap hari pada masing-masing maskapai penerbangan.

Garuda Indonesia misalnya pada tanggal 6 Maret 2016 menawarkan penerbangan langsung (direct flight) pada pukul 01.40 WIB dari Jakarta kemudian tiba pada pukul 09.45 WITA di Ternate.

Penerbangan selanjutnya yakni pada pukul 05.30 WIB, 11.30 WIB, 13.15 WIB, dan 18.30 WIB. Penerbangan memakan waktu 3,5 jam dengan perbedaan waktu Jakarta dan Makassar selama dua jam.

Selain itu, penerbangan Garuda Indonesia bisa melalui Manado dan Ambon. Sementara maskapai penerbangan, Sriwijaya Air menawarkan tiga jadwal penerbangan pada pukul 00.05 WIB dan pukul 02.00. Pesawat akan tiba di Bandara Sultan Babullah pada pukul 07.05 WITA dan 07.50 WITA.

Untuk Lion Air tersedia penerbangan menuju Ternate dari Jakarta pada pukul 05.00 WIB dan tiba pukul 11.45 WITA. Pesawat akan transit terlebih dahulu dan lama penerbangan yakni 4 jam 45 menit. Untuk harga tiket penerbangan dari Jakarta ke Ternate berkisar Rp 1.700.000 - Rp 4.500.000.

Setelah itu perjalanan dilanjutkan dari Bandara Sultan Babullah menuju Pelabuhan Dufa-dufa. Untuk menuju pelabuhan ini bisa dengan menyewa mobil, naik taksi, ataupun ojek. Besar biaya untuk menuju Pelabuhan Dufa-Dufa berkisar Rp 30.000 - Rp 100.000.

Dari Pelabuhan Dufa-Dufa menuju Pelabuhan Jailolo menggunakan kapal cepat dengan tarif Rp 50.000 per orang. Perjalanan penyeberangan laut sekitar satu jam. Selain dengan kapal cepat, bisa juga dengan kapal kayu dengan tarif Rp 40.000. Selama di Jailolo, bisa naik becak motor atau bentor, angkutan umum, maupun ojek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.