Kompas.com - 06/02/2016, 15:02 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
DEPOK, KOMPAS.com - Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat memang memesona bagi para pendaki gunung Indonesia maupun mancanegara. Keindahan Segara Anak, bukit-bukit sepanjang perjalanan, lautan awan di puncak gunung, serta predikat salah satu gunung tertinggi di Indonesia seakan magnet bagi para pendaki gunung untuk "mencicipi" Gunung Rinjani.

Pendakian Gunung Rinjani secara normal akan ditempuh selama 4-5 hari. Jika merasa terlalu lama dalam segi waktu pendakian, ada cara lain untuk menikmati Gunung Rinjani. Salah satunya adalah mendaki Bukit Pergasingan.

Bukit Pergasingan yang berketinggian 1.670 mdpl berada di sisi timur laut Gunung Rinjani. Dari Desa Sembalun Lawang, pendaki dapat menuju pintu rimba dengan berjalan kaki dan juga menggunakan ojek motor maupun menyewa mobil pikap.

Pendaki akan bertemu dengan jalur yang terjal dan di kiri dan kanan terdapat jurang di awal-awal pendakian. Pemandangan yang ditawarkan oleh bukit ini amat beragam mulai dari persawahan yang membentuk pola, pemukiman Desa Sembalun, lanskap perbukitan, dan tentunya adalah Gunung Rinjani.

Gunung Rinjani akan mulai terlihat di awal pendakian Bukit Pergasingan. Tempat terbaik untuk melihat Gunung Rinjani adalah di Puncak Satu Bukit Pergasingan. Puncak Satu Bukit Pergasingan dapat ditempuh sekitar 1 jam dari titik awal pendakian. Sebelumnya, pendaki akan melewati sebanyak 105 anak tangga dan medan tanah yang berbatu.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Wisatawan menyusuri persawahan di bawah kaki Gunung Rinjani, Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Selasa (26/1/2016). Selain pendakian ke Gunung Rinjani, banyak pesona alam dan budaya di kawasan sekitar menjadi daya tarik wisatawan.
Setelah tiba di Puncak Satu Bukit Pergasingan, cobalah untuk santai sejenak untuk mendokumentasikan gunung yang pernah meletus dahsyat itu. Bahkan, baru-baru ini, letusan anak Gunung Rinjani yakni Barujari menyebabkan beberapa penerbangan ditutup.

Puncak Satu Bukit Pergasingan berada di sabana yang cukup luas menghampar. Pendaki dapat mendirikan tenda di sana. Namun, di Puncak Satu Bukit Pergasingan, tidak ada air untuk minum para pendaki.

Dari Bandara Internasional Lombok, titik awal pendakian di Desa Sembalun Lawang berjarak sekitar 100 kilometer. Berdasarkan aplikasi Google Maps, perjalanan dapat ditempuh sekitar 2 jam 35 menit. Jika ingin mendaki Bukit Pergasingan didampingi pemandu wisata, coba hubungi komunitas lokal yakni Pusat Pengembangan Masyarakat Sembalun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.