Kompas.com - 07/02/2016, 09:06 WIB
Orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANAOrangutan di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Tahun ini merupakan tahun monyet menurut penanggalan China.Bagaimana jika Anda merencanakan liburan di “tahun monyet api” ini ke berbagai destinasi wisata serba monyet.

Ada banyak destinasi yang berkaitan dengan monyet tersebar di Indonesia. Dari mulai konservasi hingga atraksi. Berikut KompasTravel merangkum beberapa destinasi wisata yang berkaitan dengan hewan primata.

1. Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Taman Nasional Tanjung Puting berlokasi di Kecamatan Kumai, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat. Taman Nasional (TN) ini merupakan konservasi orangutan terbesar di dunia.

Populasinya diperkirakan 30.000 sampai 40.000 orangutan yang tersebar di taman nasional dan juga di luar taman nasional ini. Di TN Tanjung Puting ini pengunjung dapat melihat habitat alami orangutan secara langsung dan melihat kehidupan mereka di alam liar.

Hutan ini merupakan rumah bagi delapan jenis primata. Termasuk monyet yang memiliki hidung panjang atau bekantan (Nasalis larvatus), yang biasa disebut monyet Belanda oleh warga sekitar, karena hidungnya yang panjang.

Wisatawan yang berkunjung ke sini umumnya wisatawan mancanegara. Oleh karena itu pelayanan di sini terbiasa melayani orang asing. Tidak heran banyak pengelolanya yang pandai berbahasa asing.

Untuk menuju ke sini, Anda harus melewati jalur laut, menuju Pelabuhan Kumai. Dari Pelabuhan Kumai, Anda akan diantar menggunakan speedboat menuju Tanjung Puting. Jika ingin lebih santai menikmati alam dan tentunya lebih ekonomis, dapat menaiki kapal klotok.

Dengan sepeedboat yang berkapasitas enam orang, perjalanan menuju Tanjung Puting ditempuh sekitar 1,5 jam. Jika menggunakan kapal klotok atau perahu tradisional bermotor yang digunakan di sungai-sungai di Kalimantan, akan menempuh 3-4 jam perjalanan.

2. Alas Kedaton, Tabanan, Bali

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.