Ritual Bersih Bumi, Vihara Dharmayana Kuta Gelar Pawai Barongsai

Kompas.com - 08/02/2016, 10:58 WIB
Umat Buddha di Vihara Dharmayana, Jalan Blambangan, Kuta, Bali, menggelar ritual bersih bumi dengan melaksanakan pawai dengan mengarak barongsai dan liong atau naga, Minggu (7/2/2016). KOMPAS.COM/SRI LESTARIUmat Buddha di Vihara Dharmayana, Jalan Blambangan, Kuta, Bali, menggelar ritual bersih bumi dengan melaksanakan pawai dengan mengarak barongsai dan liong atau naga, Minggu (7/2/2016).
|
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS. com - Satu hari sebelum Tahun Baru Imlek 2567 yang jatuh pada Senin 8 Februari 2016, umat Buddha di Vihara Dharmayana Kuta, Jalan Blambangan menggelar ritual bersih bumi melaksanakan pawai dengan mengarak barongsai dan liong atau naga.

"Ya kita akan melakuan peesembahyangan ritual. Ini persembahyangan ritual tolak bala," kata Pengurus Vihara Dharmayana, Adi Dharmaja Kusuma, di Kuta, Badung, Bali, Minggu (7/2/2016).

Pawai dimulai pukul 17.00 Wita dengan mengambil rute wihara Jalan Blambangan menuju sebagian Jalan Raya Kuta dan kembali ke wihara yang nantinya akan memakan waktu sekitar satu jam. Di setiap perempatan yang dijumpai akan dilakukan upacara ritual.

"Di setiap perempatan, akan dilakukan ritual. Ritual untuk membersihkan bumi dari aura negatif," tambahnya.

KOMPAS.COM/SRI LESTARI Barongsai ambil angpao saat ritual tolak bala atau bersih bumi yang dilakukan umat Buddha di Vihara Dharmayana, Jalan Blambangan, Kuta, Bali, Minggu (7/2/2016).
Pawai Barongsai dan Liong atau Naga dilakukan oleh umat Buddha Vihara Dharmayana khususnya para anak muda. Mereka berjalan mengikuti rute yang ditempuh dari wihara di Jalan Blambangan, menuju Jalan Raya Kuta dan kembali ke wihara.

Jarak tempuh pawai Barongsai dan Liong sekitar 1 kilometer. 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X