Penyambung Kangen Kampung

Kompas.com - 09/02/2016, 09:28 WIB
Suasana di Warung Malang di Hongkong. KOMPAS/SRI REJEKISuasana di Warung Malang di Hongkong.
EditorI Made Asdhiana
GADO-gado, bakwan, atau pecel lele makanan ”biasa” yang jadi luar biasa ketika disantap di negeri orang. Menu yang meredakan kangen terhadap kampung halaman, sekaligus membangkitkan kenangan terhadap rasa Nusantara....

Tidak ada yang meragukan Hongkong dengan segudang makanan enak. Namun, orang Indonesia tetap mencari warung atau restoran masakan Indonesia ketika berkunjung ke negeri berjuluk ”terjangkung” di dunia ini.

Salah satu legenda rumah makan Indonesia di Hongkong adalah Warung Malang yang berada di Dragon Rise Building, Jalan Pennington, Causeway Bay. Letaknya tidak jauh dari kantor Konsulat Jenderal RI di Hongkong.

Warung yang berdiri tahun 1997 tersebut menawarkan berbagai menu, seperti nasi campur, soto, gado-gado, pecel lele, nasi ikan goreng, rawon, dan tidak ketinggalan nasi goreng.

Disediakan pula aneka minuman, seperti cendol atau wedang jahe. Rasa masakannya sama seperti ketika makan di warung-warung makan yang ada di Indonesia. Benar-benar penyambung kangen lidah.

Rasa masakan bisa dibuat tak ubahnya seperti di negeri sendiri karena segala macam bumbu yang dibutuhkan tersedia di Hongkong.

Bahan-bahan ini dijual di toko Indonesia hingga toko-toko Thailand yang sangat lengkap koleksi bumbu, rempah, dan sayur-mayur segarnya, seperti ditemukan di Indonesia. Bahkan petai, kecipir, hingga kembang turi pun ada.

KOMPAS/SRI REJEKI Suasana di Restoran Kampoeng Indonesia di Hongkong.
”Di pasar-pasar tradisional sini, seperti Pasar Bowrington langganan saya, sekarang dengan mudah ditemukan bumbu, sayur, sampai aneka kerupuk dari Indonesia. Orang Hongkong mulai menggemari masakan Indonesia. Mungkin karena di rumah dimasakkan menu Indonesia oleh pekerja rumah tangganya,” kata Katinem (60), pemilik Warung Malang.

Digemari turis

Warung yang dirintisnya bersama sang suami, Nurali (70), pada musim libur akhir tahun seperti ini sering dikunjungi tidak hanya turis dari Indonesia, tetapi juga dari Malaysia, Brunei, dan Singapura.

Turis-turis Eropa dan Amerika yang mengenal masakan Indonesia juga kerap singgah di sini. Warung ini juga menjadi alternatif bagi pencari makanan vegetarian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X