Kompas.com - 09/02/2016, 19:04 WIB
Pertunjukan tari Bali memeriahkan hari raya Kuningan di Pura Sakenan, Pulau Serangan, Denpasar, Bali, Sabtu (8/9/2012). Hari raya Kuningan menutup rangkaian hari raya Galungan yakni 10 hari sesudahnya. Kata kuningan sendiri memiliki makna ka-uningan yang artinya mencapai peningkatan spiritual dengan cara introspeksi agar terhindar dari mara bahaya.  KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Pertunjukan tari Bali memeriahkan hari raya Kuningan di Pura Sakenan, Pulau Serangan, Denpasar, Bali, Sabtu (8/9/2012). Hari raya Kuningan menutup rangkaian hari raya Galungan yakni 10 hari sesudahnya. Kata kuningan sendiri memiliki makna ka-uningan yang artinya mencapai peningkatan spiritual dengan cara introspeksi agar terhindar dari mara bahaya.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Jika punya rencana berwisata tanggal 10 Februari dan 20 Februari 2016 ke Bali, jangan lewatkan perayaan besar umat Hindu di sana. Perayaan tersebut adalah hari raya Galungan dan Kuningan.

Jaraknya hanya 10 hari. Galungan pada 10 Februari 2016, sedangkan Kuningan pada 20 Februari. Namun, sebelum dan di tengah masa antara Galungan dan Kuningan, perayaan terus berlangsung.

Jika sedang berada di Bali, Anda bisa menuju pura-pura yang tersebar di seluruh kabupaten. Jangan lupa untuk membawa kamera sebagai alat dokumentasi.

Lalu, apa saja kegiatan selama Galungan dan Kuningan yang bisa menarik untuk disaksikan? Berikut acara-acara yang akan dilakukan oleh umat Hindu di Bali.

Umat pergi ke pura

Saat Galungan tiba, umat Hindu akan pergi dan memenuhi pura-pura di sekitar tempat tinggal mereka. Saat inilah berwisata budaya di Bali menjadi begitu menarik.

Umat Hindu akan berpakaian adat dengan dominan warna putih. Para perempuan membawa sesaji di kepala. Momen-momen tersebut akan menarik untuk didokumentasikan. Namun, jangan kaget betapa ramai dan padatnya pura dipenuhi umat Hindu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hiasan penjor

Di jalanan-jalanan Bali, umat Hindu akan memasang penjor-penjor di tiap sudut. Penjor adalah sebuah tiang bambu yang menjulang tinggi sekitar delapan meter dengan hiasan janur dan dilengkapi oleh hasil bumi, seperti padi, kelapa, jagung, buah-buahan, dedaunan, dan hasil bumi lainnya. Anda bisa ber-selfie dengan penjor-penjor yang terpasang di tiap sudut jalan.

Tradisi ngelawang barong

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.