Kompas.com - 14/02/2016, 14:40 WIB
Durian-durian kualitas unggul dari Semarang. Tribun Jateng/ M. Syofri KurniawanDurian-durian kualitas unggul dari Semarang.
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KEDIRI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menggelar festival durian di Desa Medowo, Kandangan pada Minggu (14/2/2016).

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkab Kediri Haris Setiawan di Kediri, Jumat (12/2/2016), mengemukakan festival itu diselenggarakan guna mengenalkan durian asal kabupaten setempat. Selain itu, masyarakat luas juga bisa menikmati durian yang tumbuh di Kabupaten Kediri.

"Ada sekitar 2.200 durian yang terkumpul, nantinya akan dibagikan pada pengunjung," katanya.

Durian-durian itu, kata dia, merupakan hasil pertanian warga dari desa tersebut. Selama ini, desa itu dikenal sebagai salah satu sentra penghasil durian. Selain manis, daging durian juga tebal.

Beberapa jenis durian yang ditanam warga, di antaranya durian gapu, durian kelud, durian marantus, durian semoyo, dan durian simas. Masing-masing jenis durian tersebut mempunyai tekstur yang berbeda, tapi tetap enak.

Haris mengatakan festival itu diselenggarakan di depan Kantor Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri. Selain makan durian bersama, dalam kegiatan itu juga ada kontes durian.

Para pengunjung, kata dia, juga disediakan minum susu gratis, minum kopi gratis, serta pameran UMKM. Pengunjung juga akan dihibur beragam kesenian tradisional, berupa "klenengan campursari".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X