Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mei ke Aceh, Ada Festival Sabang Fair

Kompas.com - 14/02/2016, 16:08 WIB
SABANG, KOMPAS.com -Pemerintah Kota Sabang kembali menggelar Festival Sabang Fair III 2016 dan selain diikuti seluruh kabupaten/ kota se-Aceh, juga mengundang sejumlah kabupaten-kabupaten lain di Pulau Sumatera dan peserta dari negara di Asia Tenggara (ASEAN).

Sekertaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang Ali Taufik kepada wartawan di Sabang, Sabtu (13/2/2016), menyatakan, Festival Sabang Fair yang berlangsung 21-25 Mei 2016 akan dikemas lebih meriah dan hingga saat ini pihaknya telah menyebarkan undangan melalui Gubernur Aceh.

"Tahun ini, kita perlebar lagi peserta yang ikut. Undangan telah kita mintakan kepada Gubernur, untuk menyurati seluruh kabupaten/kota di Aceh, ditambah Sumatera Utara dan Barat dan peserta dari negara ASEAN," jelas Ali.

Dalam pelaksanaan festival itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang masih mengadopsi pelaksanaan festival tahun lalu yang akan menampilkan sejumlah perlombaan, pawai budaya dan penampilan sanggar seni se-Aceh.

Hingga saat ini kata Ali Taufik, sejumlah kabupaten/ Kota telah menyatakan keikutsertaannya dalam festival tersebut, termasuk dari Kementerian Pelancongan Malaysia, yang akan mengirimkan utusan dalam menyukseskan festival tahunan kota Sabang ini.

Dikatakan, festival tersebut dalam upaya mempromosikan Sabang sebagai destinasi wisata di Indonesia yang sebenarnya sudah dikenal sejak dulu, karena memiliki panorama bawah laut yang cukup indah.

Ia menambahkan bahwa turis mancanegara sudah banyak yang tahu tentang Taman Laut Pualu Rubiah, sehingga mereka bisa berminggu-minggu bahkan berbulan menetap di Pantai Iboih hanya untuk menikmati keindahan pantai dan taman lautnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, festival ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan Sabang kepada wisatawan domestik, yang sebenarnya pangsa pasarnya cukup besar. (Antara/Mukhlis)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com