Inikah Bakso Paling Berani di Yogyakarta?

Kompas.com - 16/02/2016, 22:06 WIB
 Bakso Tengkleng Mas Bambang di Yogyakarta Kompas.com/Adhika Pertiwi Bakso Tengkleng Mas Bambang di Yogyakarta
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com — Siapa yang tidak tertarik menikmati kenyalnya sajian bakso daging dengan kuah panas nan gurih, apalagi jika dicampur potongan tengkleng sapi sebagai pendamping bakso?

Jika Anda sedang berada di Yogyakarta, sempatkan waktu untuk mampir ke salah satu warung bakso paling berani ini.

"Kami menyebut bakso paling berani karena 'berani' menggunakan 97 persen daging sapi segar dan 3 persen tepung sebagai perekat dalam adonannya sehingga rasa yang dihasilkan otentik daging sapi," ujar karyawan warung bakso, Edi Susianto.

"Salah satu menu yang menjadi favorit pengunjung adalah bakso tengkleng, yaitu bakso yang dicampur dengan dua potong tulang sapi (tengkleng)," kata Edi.

Pemilik dari warung yang terletak di Jalan Monjali Nomor 88, Sleman, Yogyakarta, ini adalah Bambang. Nama pemiliknya kemudian menjadi merek dagang, yaitu Warung Bakso Tengkleng Mas Bambang.

KompasTravel yang memesan bakso tengkleng pun harus rela makan menggunakan tangan saat menikmati potongan tulang sapi yang terasa gurih. Itu yang menjadi alasan adanya mangkuk plastik sebagai wadah untuk cuci tangan di setiap meja.

Warung yang didominasi warna biru dan merah ini adalah salah satu warung cabang dari Bakso Tengkleng yang lebih dahulu buka di Klaten, Jawa Tengah. Selain di Jalan Monjali, beberapa warung cabang dibuka di Klaten, Malang, Solo, dan Yogyakarta.

Kompas.com/Adhika Pertiwi Es teler
Rasa bakso yang diklaim memiliki persentase daging dominan ini memang memiliki tekstur kekenyalan yang berbeda. Kuahnya terasa gurih tanpa rasa asin yang berlebihan, segar untuk dinikmati sambil menyeruput kaldu dalam potongan tengkleng.

Sempurnakan juga makan Anda dengan memesan Es Teler khas warung ini. Es yang berisi alpukat, potongan nangka, jelly, dan mutiara ini makin sempurna dengan kuah beraroma durian.

Untuk menikmati seporsi bakso tengkleng, Anda cukup mengeluarkan uang Rp 20.000. Selain menu andalan tersebut, ada pilihan menu lain, yaitu bakso super, mi ayam bakso, dan Misokleng.

Misokleng adalah paduan dari mi ayam, bakso, dan tengkleng seharga Rp 20.000. Untuk semangkuk es teler, Anda cukup merogoh kocek Rp 8.500.

Beberapa menu minuman herbal, seperti beras kencur, temulawak, kunir asem, dan sirih wangi juga dijual dengan harga Rp 7.000. Warung bakso ini buka dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 09.00 malam. Menariknya, warung ini juga menyediakan arena bermain untuk anak.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X