Kompas.com - 17/02/2016, 18:08 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
DEPOK, KOMPAS.com - Walapun sebagian besar hotel berbintang melarang tamu membawa durian ke dalam hotel, namun bukan berarti tamu tak bisa makan durian.

Sebab, kini semakin banyak hotel yang menyajikan aneka kreasi olahan durian. Jadi, tamu hotel tetap bisa menikmati buah durian di dalam hotel walau dalam bentuk olahan.

(Baca: Mengapa Tamu Hotel Dilarang Membawa Durian?)

Pasalnya, kuliner olahan durian tidak mengeluarkan bau menyengat yang dapat menggangu kenyamanan tamu hotel lainnya.

"Kalau kuliner olahan buah kan tidak (terlalu) mengeluarkan bau. Caranya dibikin pancake, dibikin jus. Kalau murni bawa ke dalam hotel, gak boleh," kata Ketua Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI), Haryadi Sukamdani saat dihubungi KompasTravel, Selasa (16/2/2016).

Ia mengatakan penyediaan kuliner olahan durian di dalam itu masih diperbolehkan untuk disajikan kepada pengunjung hotel.

"Caranya itu terserah kreasi dari koki yang ada di hotelnya. Semua itu kebijakan internal masing-masing hotel. Boleh mengizinkan atau tidak. Di PHRI itu tidak ada peraturannya," jelasnya.

Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bali Dewa Gde Ngurah Byomantara menambahkan di dalam hotel, pengunjung hotel bisa menikmati kuliner-kuliner olahan durian di tempat yang telah disiapkan oleh pihak hotel.

"Misalnya pengunjung bisa nikmati di restoran," jelas Dewa.

Terkait dengan larangan membawa ke dalam hotel, Dewa mengaku tidak mengetahui adanya peraturan daerah ataupun aturan secara hukum yang menyebutkan larangan tersebut.

"Kalau ketahuan sih membawa ke dalam hotel, gak dipidanakan, atau diperdatakan," ungkap Dewa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.