Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Trik Agar Tamu Bisa Nikmati Durian di Hotel

Kompas.com - 17/02/2016, 18:08 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Walapun sebagian besar hotel berbintang melarang tamu membawa durian ke dalam hotel, namun bukan berarti tamu tak bisa makan durian.

Sebab, kini semakin banyak hotel yang menyajikan aneka kreasi olahan durian. Jadi, tamu hotel tetap bisa menikmati buah durian di dalam hotel walau dalam bentuk olahan.

(Baca: Mengapa Tamu Hotel Dilarang Membawa Durian?)

Pasalnya, kuliner olahan durian tidak mengeluarkan bau menyengat yang dapat menggangu kenyamanan tamu hotel lainnya.

"Kalau kuliner olahan buah kan tidak (terlalu) mengeluarkan bau. Caranya dibikin pancake, dibikin jus. Kalau murni bawa ke dalam hotel, gak boleh," kata Ketua Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI), Haryadi Sukamdani saat dihubungi KompasTravel, Selasa (16/2/2016).

Ia mengatakan penyediaan kuliner olahan durian di dalam itu masih diperbolehkan untuk disajikan kepada pengunjung hotel.

"Caranya itu terserah kreasi dari koki yang ada di hotelnya. Semua itu kebijakan internal masing-masing hotel. Boleh mengizinkan atau tidak. Di PHRI itu tidak ada peraturannya," jelasnya.

Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bali Dewa Gde Ngurah Byomantara menambahkan di dalam hotel, pengunjung hotel bisa menikmati kuliner-kuliner olahan durian di tempat yang telah disiapkan oleh pihak hotel.

"Misalnya pengunjung bisa nikmati di restoran," jelas Dewa.

Terkait dengan larangan membawa ke dalam hotel, Dewa mengaku tidak mengetahui adanya peraturan daerah ataupun aturan secara hukum yang menyebutkan larangan tersebut.

"Kalau ketahuan sih membawa ke dalam hotel, gak dipidanakan, atau diperdatakan," ungkap Dewa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com