Kompas.com - 18/02/2016, 13:25 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Di Sumatera Selatan saat Cap Go Meh terdapat beberapa tradisi atau cerita yang telah dipercaya oleh masyarakat Tionghoa yang turun temurun.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Irene Camalyn Sinaga mengatakan tradisi serta legenda terkait perayaan Cap Go Meh menjadikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat Tionghoa di Kota Palembang, luar kota hingga luar negeri.

Berikut beberapa kisah dan tradisi yang berkaitan dengan Cap Go Meh di Sumatera Selatan dikutip dari siaran pers yang diterima KompasTravel di Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Enteng Jodoh di Pulau Kemaro

Saat perayaan Cap Go Meh ada kisah menarik untuk diikuti di Pulau Kemaro. Banyak yang percaya, bila setiap perayaan Cap Go Meh datang ke Pulau Kemaro, maka hubungan asmaranya akan menjadi langgeng dan menjadi jodoh.

Lepas Burung

Irene mengatakan hal unik lain yang terkait dengan perayaan Cap Go Meh di Sumatera Selatan yakni melepaskan burung. Bagi masyarakat Tionghoa, melepas burung dapat mengurangi karma buruk dan memperlancar rezeki.

Sebelumnya, doa kepada Tuhan dipanjatkan terlebih dahulu. Masyarakat Tionghoa mempercayai semakin banyak burung yang dilepas, semakin enteng pula dosa yang ditanggung.

Bakar Uang

Tradisi unik lainnya terkait dengan perayaan Cap Go Meh adalah tradisi membakar uang-uangan. Tradisi ini kerap dilakukan oleh masyarakat Tionghoa terutama yang menganut ajaran Tri Darma (Budhisme, Khonghucu dan Taoisme).

Setiap kali melakukan persembahyangan mereka menyediakan sam seng, tiga makanan berjiwa dari udara, air dan daratan. Selain itu juga membakar kertas yang berupa uang-uangan bagi arwah leluhurnya.

Uang ini terbagi menjadi dua kategori yakni uang emas (Kim Coa) dan uang perak (Gin Coa). Uang emas diperuntukkan bagi dewa-dewa sementara uang perak diperuntukkan bagi arwah leluhur ataupun orang tua yang sudah meninggal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.