Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Menikah di Bawah Laut? Ikuti 5 Tips Ini

Kompas.com - 19/02/2016, 07:28 WIB
Abba Gabrillin

Penulis

TRANG, KOMPAS.com - Tradisi unik berupa pernikahan bawah laut kini semakin banyak diminati pasangan laki-laki dan perempuan dari seluruh dunia. Provinsi Trang di bagian Selatan Thailand salah satu tempat yang menggelar pernikahan di bawah laut.

"Kami mengundang masyarakat Indonesia untuk mencoba tradisi unik pernikahan bawah laut di Thailand," ujar Direktur Tourism Authority of Thailand di Jakarta, Busakorn Prommanot, saat ditemui di Trang, Thailand, Sabtu (13/2/2016).

Membayangkan untuk menyiapkan pernikahan bawah laut mungkin terdengar sulit.

Namun, apabila diketahui apa-apa saja yang perlu disiapkan, pernikahan bawah laut akan terasa lebih mudah ketimbang menyiapkan pernikahan di sebuah gedung pertemuan.

1. Siapkan waktu cuti

Setiap tahun, pernikahan bawah laut digelar bertepatan dengan perayaan Valentine. Seluruh proses pernikahan akan digelar selama tiga hari, mulai tanggal 12, 13 dan 14 Februari.

KOMPAS.COM/ABBA GABRILLIN Calon pengantin berfoto sebelum melangsungkan pernikahan di bawah laut di Provinsi Trang, bagian Selatan Thailand, Sabtu (13/2/2016).
Bagi anda yang bekerja sebagai karyawan swasta, pastikan anda memiliki sisa waktu cuti yang cukup. Permohonan cuti dapat diajukan jauh-jauh hari, untuk mengantisipasi berbagai pekerjaan yang tiba-tiba datang dan menjadi tanggung jawab.

2. Siapkan uang

Biaya yang dihabiskan untuk mengikuti pernikahan bawah laut ini tergolong cukup murah. Bila pernikahan pada umumnya bisa menghabiskan dana puluhan hingga ratusan juta rupiah, biaya untuk satu pasangan dalam pernikahan bawah laut ini hanya menghabiskan 30.000 baht atau sekitar Rp 12 juta.

Biaya pernikahan bawah laut yang digelar di Provinsi Trang sudah termasuk dengan akomodasi, konsumsi dan transportasi selama 3 hari.

Meski demikian, jangan lupa untuk menyiapkan uang lebih untuk menikmati berbagai tempat wisata di Thailand, atau sekadar berbelanja oleh-oleh.

Abba Gabrillin Pernikahan di bawah laut di Provinsi Trang, bagian Selatan Thailand, Sabtu (13/2/2016).
3. Latihan menyelam

Pernikahan di bawah laut sudah pasti akan melewati proses penyelaman si bawah air. Setiap pasangan akan menyelam hingga kedalaman 18 meter di bawah permukaan laut.

Apabila anda belum pernah menyelam di laut, ada baiknya untuk mengikuti pelatihan menyelam sejak jauh-jauh hari. Tidak begitu sulit untuk mencari lembaga pelatihan yang menawarkan kursus menyelam.

Pelatihan biasanya juga tidak memakan waktu terlalu lama, atau cukup 3-5 hari. Setelah itu, lembaga kursus biasanya akan memberikan lisensi bagi peserta pelatihan menyelam.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com