Kompas.com - 19/02/2016, 07:28 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
TRANG, KOMPAS.com - Tradisi unik berupa pernikahan bawah laut kini semakin banyak diminati pasangan laki-laki dan perempuan dari seluruh dunia. Provinsi Trang di bagian Selatan Thailand salah satu tempat yang menggelar pernikahan di bawah laut.

"Kami mengundang masyarakat Indonesia untuk mencoba tradisi unik pernikahan bawah laut di Thailand," ujar Direktur Tourism Authority of Thailand di Jakarta, Busakorn Prommanot, saat ditemui di Trang, Thailand, Sabtu (13/2/2016).

Membayangkan untuk menyiapkan pernikahan bawah laut mungkin terdengar sulit.

Namun, apabila diketahui apa-apa saja yang perlu disiapkan, pernikahan bawah laut akan terasa lebih mudah ketimbang menyiapkan pernikahan di sebuah gedung pertemuan.

1. Siapkan waktu cuti

Setiap tahun, pernikahan bawah laut digelar bertepatan dengan perayaan Valentine. Seluruh proses pernikahan akan digelar selama tiga hari, mulai tanggal 12, 13 dan 14 Februari.

KOMPAS.COM/ABBA GABRILLIN Calon pengantin berfoto sebelum melangsungkan pernikahan di bawah laut di Provinsi Trang, bagian Selatan Thailand, Sabtu (13/2/2016).
Bagi anda yang bekerja sebagai karyawan swasta, pastikan anda memiliki sisa waktu cuti yang cukup. Permohonan cuti dapat diajukan jauh-jauh hari, untuk mengantisipasi berbagai pekerjaan yang tiba-tiba datang dan menjadi tanggung jawab.

2. Siapkan uang

Biaya yang dihabiskan untuk mengikuti pernikahan bawah laut ini tergolong cukup murah. Bila pernikahan pada umumnya bisa menghabiskan dana puluhan hingga ratusan juta rupiah, biaya untuk satu pasangan dalam pernikahan bawah laut ini hanya menghabiskan 30.000 baht atau sekitar Rp 12 juta.

Biaya pernikahan bawah laut yang digelar di Provinsi Trang sudah termasuk dengan akomodasi, konsumsi dan transportasi selama 3 hari.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.