Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini Ambon Targetkan 5.000 Kunjungan Wisman

Kompas.com - 19/02/2016, 13:14 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Ambon menargetkan tahun di 2016 kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke ibu kota Provinsi Maluku itu akan naik menjadi 4.500 hingga 5.000 orang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon, Hendry Sopacua mengungkapkan, pada tahun 2015 kunjungan wisman ke Kota Ambon mencapai 4.000 orang, sedangkan wisatawan domestik mencapai 24.000 orang.

“Setiap tahun target kunjungan wisman naik dan untuk tahun ini target kita 4.500 sampai 5.000 wisatawan yang datang ke Ambon,” ungkap Hendry kepada KompasTravel, Kamis (18/2/2016).

Hendry mengaku sejauh ini kunjungan wisatawan ke Kota Ambon terus meningkat dari tahun ke tahun. Untuk itu pihaknya akan terus berupaya untuk membenahi sejumlah lokasi pariwisata di Ambon termasuk juga infrastruktur pendukung.

“Dengan segala keterbatasan yang ada kita tentu akan membenahi sejumlah obyek wisata yang ada di Ambon agar wisatawan dapat menikmati keindahan kota ini,” ujarnya.

Hendry memaparkan, selama ini kunjungan wisman ke Kota Ambon selalu didominasi wisatawan asal Belanda dan Australia. Meski begitu ada sejumlah wisatawan dari beberapa negara seperti Singapura, China, Kanada dan sejumlah negara lain juga selalu mengunjungi Ambon.

KOMPAS/FRANSISKUS PATI HERIN Kapal pesiar L'Austral du Ponant singgah di pesisir pantai di Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, selama lebih kurang dua jam, Jumat (6/3/2015) petang. Kapal asal Perancis dengan bobot mati 10.098 gros ton dan panjang 145,21 meter itu membawa 200 wisatawan dari sejumlah negara serta 140 kru kapal.
"Sejauh ini kunjungan wisatawan ke Ambon masih didominasi oleh wisatawan dari Belanda dan Australia, itu karena memang ada hubungan sejarah dan emosional mereka dengan Maluku,” katanya.

Menurut Hendry, setelah suskes menggelar acara "Mangente Ambon" atau "Datang dan Mengunjungi Ambon" pada tahun 2015 diharapkan kunjungan wisman ke kota Ambon akan terus meningkat.

"Jadi setelah Mangente Ambon, ke depan wisatawan datang ke Ambon bukan karena event semata namun mereka tertarik dengan panorama pariwisata di kota ini,” tambah Hendry Sopacua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com