Kompas.com - 20/02/2016, 09:50 WIB
EditorI Made Asdhiana
LERENG Gunung Penanggungan di Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan telah lama dikenal sebagai ”surga” benda peninggalan purbakala di Jawa Timur.

Namun, di luar kawasan itu, ada Gunung Arjuna, gunung suci masa lalu, yang juga diyakini sebagai tempat persebaran situs-situs serupa dan hingga kini banyak yang belum terungkap.

Bersama Amel (26) dan Kansa (3), anak dan cucunya, Kamis (28/1/2016) siang, Hariono (45) menebarkan butiran pakan ikan ke kolam yang dihuni beberapa jenis ikan, termasuk Arapaima gigas dan aligator berukuran besar.

Laki-laki asal Singosari, Kabupaten Malang, itu menikmati suasana tenang dan rindang di area sumber air Polaman di Desa Kalirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Pepohonan besar, seperti mahoni dan trembesi, menaungi tempat itu. Bebatuan di tengah kolam, yang sepanjang kemarau sempat menonjol ke permukaan, kini kembali terbenam.

Di pintu masuk area sumber air pada siang itu tampak dua warga tengah sibuk mencuci pakaian. Di sudut yang lain, seorang lelaki tua sibuk membersihkan dedaunan kering yang jatuh di dekat tandon air buatan Belanda tahun 1900.

”Saya beberapa kali ke sini. Kalau bersama anak dan cucu, ini baru pertama. Ingin mengenalkan sejarah kepada mereka,” ujar Hariono.

Ia senang melihat situs peninggalan masa lalu. Beberapa pekan sebelumnya, keluarga itu mengunjungi candi lain di wilayah Malang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.