Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arjuna, Pusat Situs Purbakala Baru di Jatim

Kompas.com - 20/02/2016, 09:50 WIB
LERENG Gunung Penanggungan di Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan telah lama dikenal sebagai ”surga” benda peninggalan purbakala di Jawa Timur.

Namun, di luar kawasan itu, ada Gunung Arjuna, gunung suci masa lalu, yang juga diyakini sebagai tempat persebaran situs-situs serupa dan hingga kini banyak yang belum terungkap.

Bersama Amel (26) dan Kansa (3), anak dan cucunya, Kamis (28/1/2016) siang, Hariono (45) menebarkan butiran pakan ikan ke kolam yang dihuni beberapa jenis ikan, termasuk Arapaima gigas dan aligator berukuran besar.

Laki-laki asal Singosari, Kabupaten Malang, itu menikmati suasana tenang dan rindang di area sumber air Polaman di Desa Kalirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Pepohonan besar, seperti mahoni dan trembesi, menaungi tempat itu. Bebatuan di tengah kolam, yang sepanjang kemarau sempat menonjol ke permukaan, kini kembali terbenam.

Di pintu masuk area sumber air pada siang itu tampak dua warga tengah sibuk mencuci pakaian. Di sudut yang lain, seorang lelaki tua sibuk membersihkan dedaunan kering yang jatuh di dekat tandon air buatan Belanda tahun 1900.

”Saya beberapa kali ke sini. Kalau bersama anak dan cucu, ini baru pertama. Ingin mengenalkan sejarah kepada mereka,” ujar Hariono.

Ia senang melihat situs peninggalan masa lalu. Beberapa pekan sebelumnya, keluarga itu mengunjungi candi lain di wilayah Malang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com