Mencicipi Bakso Rudal di Pinggir Rel Stasiun UI

Kompas.com - 20/02/2016, 12:06 WIB
Seporsi bakso rudal di kedai KOMPAS.com / Wahyu Adityo ProdjoSeporsi bakso rudal di kedai "Bakso Rudal Stasiun UI", Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (17/2/2016). Seporsi bakso rudal tersebut dihargai Rp 13.000.
|
EditorI Made Asdhiana
DEPOK, KOMPAS.com - Jika berjalan kaki melewati Stasiun Universitas Indonesia (UI), cobalah untuk menyantap kuliner bakso rudal yang terletak di ujung Gang Sawo. Kuliner tersedia di kedai "Bakso Rudal Stasiun UI" setiap hari.

Dari menu-menu bakso yang dijual oleh pemilik kedai "Bakso Rudal Stasiun UI", Mardi (65) mengatakan menu bakso rudal yang paling sering diburu penikmat hidangan makanan yang berbentuk bundar ini.

Menurut Mardi, sejak pertama kali membuka kedai bakso di sebelah toilet dekat peron arah Bogor, menu itu telah laris dipesan.

"Bakso rudal itu isinya urat dan rawon cincang. Yah sehari bisa sekitar habis 200 porsi. Tapi sebenarnya suka gak kehitung habisnya," kata Mardi saat ditemui KompasTravel di kedai bakso miliknya.

Untuk bahan-bahan bakso per hari menurut Mardi, diperlukan hampir 15 kilogram daging sapi. Sementara pada hari libur memerlukan daging sapi sebanyak 8 kilogram untuk membuat isi bakso rudal.

"Dulu saya mikir bikin bakso namanya rudal karena bentuknya seperti nuklir. Walaupun aslinya lonjong tapi saya bikin bulat. Biar gampang diingat juga sama yang beli," kata laki-laki kelahiran Solo tersebut.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Pemilik Kedai Bakso Rudal Stasiun UI, Mardi (65) yang telah berjualan bakso sejak tahun 2001. Pada awalnya Kedai Bakso Rudal Stasiun UI berlokasi di sebelah toilet Stasiun UI di peron arah Bogor.
Kedai "Bakso Rudal Stasiun UI" kerap ramai pada waktu pulang kantor maupun saat mahasiswa pulang kuliah. Mardi mengatakan kedainya selalu dipenuhi pembeli pukul 16.00-18.00 WIB.

Rabu (17/2/2016), KompasTravel sempat mencoba seporsi menu bakso rudal di kedai Pak Mardi. Di dalam mangkuk berisi satu bakso rudal, tiga bakso biasa kecil, mie bihun, mie kuning, dan sayur sawi.

Di kedai tersebut, tampak pengunjung duduk memenuhi ruangan sambil menyantap menu bakso rudal. Ruang kedai "Bakso Rudal Stasiun UI" terdapat lima meja yang bisa ditempati para pengunjung kedai.

Salah seorang pengunjung kedai "Bakso Rudal Stasiun UI", Laksmita (23) mengatakan sejak pertama kali menyantap menu bakso rudal pada tahun 2011, rasa yang disajikan tidak berubah.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X