Kompas.com - 20/02/2016, 12:20 WIB
|
EditorLaksono Hari Wiwoho

PONTIANAK, KOMPAS.com - Genderang tetabuhan mulai terdengar. Suara gendang saling bersahutan, diiringi gerak tarian naga meliuk membelah kerumunan penonton.

Pagi ini, Sabtu (20/2/2016), ratusan masyarakat Pontianak tumpah ruah di sepanjang Jalan Diponegoro. Sejak pukul 07.00 pagi, warga sudah memadati kawasan yang dijadikan pusat perhelatan akbar perayaan Cap Go Meh 2567.

Ratusan warga datang untuk menyaksikan secara langsung dan dari jarak dekat, ritual buka mata naga.

Ritual tersebut juga mengawali dimulainya petualangan para naga bertandang keliling pusat kota Pontianak. Berkunjung dari rumah ke rumah sembari bersilaturahim.

Ritual buka mata biasanya dilaksanakan setiap tanggal 13 bulan pertama Imlek. Pada hakikatnya, dalam kehidupan manusia ada yang tampak dan yang tidak terlihat.

Untuk itu, ritual buka mata dilakukan supaya kemananan dan kesehatan yang tidak tampak juga turut dibersihkan, sehingga selalu dilimpahkan rahmat berupa kesehatan dan keamanan bagi masyarakat.

Tujuh naga didatangkan ke Wihara Kwan Tie Bio melaksanakan ritual sakral tersebut. Sejatinya, ada 15 naga yang akan digunakan dalam ritual itu. Namun, delapan di antaranya sudah melakukan ritual di vihara masing-masing.

Meski sudah melakukan di wihara masing-masing, delapan naga tersebut juga turut bergabung dengan tujuh naga lain, hadir memeriahkan ritual buka mata yang dipusatkan di Jalan Diponegoro.

Prosesi buka mata naga diawali dengan rapalan mantra yang dilakukan oleh seorang Tatung (lauya).

Bagian kepala dan ekor kemudian dilukis dengan rapalan mantra menggunakan kuas dan tinta.

Sang Tatung membuka mata naga dengan penanda sebatang dupa yang dilanjutkan dengan memercikkan air yang sudah dibacakan mantra.

Seusai ritual, naga-naga itu beratraksi di sepanjang Jalan Diponegoro dan menuju panggung kehormatan.

Sembari melakukan aksi penghormatan, satu per satu naga tersebut kemudian meninggalkan lokasi dan mulai berkeliling kota.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.