Seruput Bakso Sumsum di Kedai Bakso Kekinian

Kompas.com - 20/02/2016, 14:52 WIB
Bakso isi keju dan bakso daging pedas, didampingi ice cream buah melon asli di kedai Kang Bakso jalan Semeru, Bogor. KOMPAS.com/Muhammad Irzal AdiakurniaBakso isi keju dan bakso daging pedas, didampingi ice cream buah melon asli di kedai Kang Bakso jalan Semeru, Bogor.
|
EditorI Made Asdhiana
BOGOR, KOMPAS.com - Bakso ternyata tidak hanya perihal daging saja, disajikan dengan tulang bersumsum segar dengan kikil yang masih menempel rasanya sangat menggugah selera.

Suasana Bogor yang sering diguyur hujan, nampaknya sangat pas dengan kuliner yang satu ini. Apalagi disajikan dengan sumsum dan kikil yang masih terjaga di tulang sapinya. Baksonya pun memiliki kandungan daging yang banyak, sehingga teksturnya cukup padat.

Kedai Kang Bakso yang berlokasi di Jalan Semeru, tepat di seberang SPBU Semeru menyajikan menu yang tidak lazim. Bukan hanya menunya, konsep higienis dan kekinian yang diusung kedua ownernyapun menjadi identitas kedainya.

Qanita dan Febri sengaja kedua owner yang juga hobi makan bakso tersebut mengatakan konsep yang diusungnya ini berawal dari kegelisahan pecinta bakso sendiri. Banyak pecinta bakso yang kesulitan mencari bakso yang enak, tempatnya nyaman, juga harganya murah.

“Kedai ini dikonsep atas permasalahan pecinta bakso sendiri sebenarnya. Banyak banget kan yang suka bakso, tapi jarang yang enak dan nyaman tempatnya. Sekalinya nyaman harganya takut mahal,’ ujar Qanita saat dikunjungi KompasTravel di kedainya, Kamis (18/2/2016) sore.

Febri menambahkan, untuk mengutamakan kenyamanan, tempat dan peralatannya pun harus higienis. Oleh karena itu mereka menggunakan perlatan serba aluminium yang identik dengan higienis.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Kedai bakso modern dengan berbagai menunya yang tidak biasa, Kang Bakso berada di jalan Semeru Bogor.
“Karena aluminium itu identik dengan higienis, jadi kita benar-benar cari semua peralatan berbahan aluminium. Dari mulai gelas, tempat makannya, sampai peralatan dapur, itupun dicari yang beda dari yang lain, biar jadi ciri khas,” ujar Febri.

Sekitar 10 menit setelah memesan, pelayan berseragam mengantarkan beberapa menu andalan yang akan dicoba KompasTravel. Bakso keju dan bakso daging pedas tersaji dengan panci kecil yang unik, seolah olah Anda makan langsung dari panci tempat memasak bakso tersebut.

Kelembutan kejunya bercampur dengan gurihnya bakso tanpa MSG ini, sedangkan bakso pedasnya berisikan gilingan daging kasar bercampur cabai. Adonan keju yang digunakan ternyata menggunakan susu agar terasa halus dan gurih.

Akhirnya yang sudah ditunggu-tunggu, yaitu sumsum dan kikil yang masih mengepul di panci kecil sebagai tempat makannya. Di sampingnya disediakan gunting kecil untuk memotong kikil yang masih menempel di tulang.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X