Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rona Merah di Bibir Pantai Tangsi...

Kompas.com - 20/02/2016, 20:07 WIB
MUNGKIN Anda hanya mengenal pantai Pink di Nusa Tenggara Timur saja. Jangan salah di Nusa Tenggara Barat, daerah yang terkenal akan pantai-pantai eksotisnya di Indonesia juga mempunyai pantai berpasir jingga merona.

Pantai tersebut kini mulai ramai didatangi wisatawan domestik hingga mancanegara.

Menuju Pantai Tangsi atau Pantai Pink, Anda dapat menyeberang dari pelabuhan Tanjung Luar, di Kabupaten Lombok Timur.

Di pelabuhan Tanjung Luar kita bisa melihat aktifitas masyarakat sekitar melakukan jual beli ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan yang baru mendarat bibir dermaga.

SENDY ADITYA SAPUTRA Pantai Pink di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
Selama 40 menit saja pasir pantai nan putih berpadu dengan pecahan koral merah diwarnai dengan warna khas cahaya mentari membuat pasir pantai disini berwarna jingga merona.

Saung-saung yang berjajar menjajakan segala macam dagangan, apalagi sangat cocok menghabiskan waktu sambil makan siang ikan bakar di sini.

Kapal nelayan telah menunggu di bibir pantai untuk mengantar menelusuri keindahan yang ada di sekitar sini.

Hanya 15 menit perjalanan anak buah kapal (ABK) mulai menurunkan jangkarnya kembali di sebuah gili atau pulau yang berdekatan jaraknya.

Gili Petelu yang artinya tiga pulau, yang sangat berdekatan jaraknya tetapi mempunyai keindahan yang berbeda-beda bawah lautnya.

SENDY ADITYA SAPUTRA Pantai Pink di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
Wisatawan biasanya melakukan snorkeling di sini, dengan pemandangan bawah laut yang eksotis berbeda dengan gili-gili lainnya.

Di Gili Petelu kita bisa melihat pemandangan terumbu karang yang sangat terjaga kelestariannya, hingga ribuan ikan-ikan kecil yang tengah mencari makan menjadi pemandangan yang indah di sini.

Nah, jika beruntung kita bisa melihat bayi ikan Hiu Karang yang sedang mencari makan. Anda bisa berenang bersama bayi-bayi ikan Hiu Karang dipadu dengan terumbu karang yang indah di sini.

Apabila bergeser ke Gili Gambir, kita bisa menemukan ikan-ikan Nemo yang lucu bersembunyi di indahnya warna-warni terumbu karang.

SENDY ADITYA SAPUTRA Gili Pasir di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
Apabila searah perjalanan pulang dan air laut tidak pasang, kita akan melihat tiang dengan bendera Merah Putih yang berkibar dengan gagahnya di tengah lautan.

Ya, Gili Pasir, merupakan pulau yang permukaan pasirnya timbul di atas permukaan air laut. Apabila permukaan air laut ada di atas permukaan pasir setinggi mata kaki orang dewasa, dari kejauhan para wisatawan yang tengah menikmati Gili Pasir ini tampak berjalan di atas lautan yang sangat luas.

Akses Menuju Pantai Pink

Untuk menuju Pantai Pink, Gili Petelu, Gili Gambir, Pantai Semangkuk dan Pantai Sequi, perahu tersedia di Pelabuhan Tanjung Luar dengan biaya Rp 500.000 per perahu untuk 5 orang.

SENDY ADITYA SAPUTRA Bakar ikan di Pantai Pink, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
Anda akan diantar menikmati ke semua destinasi di sini mulai dari pukul 10.00 hingga 17.00.

Untuk biaya makan siang per orang dikenakan Rp 65.000 dengan menu ikan bakar, sup kepiting, cumi goreng tepung, dan udang goreng tepung. (SENDY ADITYA SAPUTRA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com