Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakso Idola Masyarakat Yogyakarta

Kompas.com - 21/02/2016, 07:03 WIB
Kontributor Travel, Adhika Pertiwi

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Jika Anda sering ke Yogyakarta, cobalah untuk melewati Jalan Taman Siswa pada siang hingga sore hari. Anda akan melihat kerumunan di sebuah rumah makan di sebelah barat jalan.

Rasa penasaran yang tinggi membuat KompasTravel coba mendatangi rumah makan dengan tempat parkir yang selalu padat tersebut. Ternyata, rumah makan ini adalah warung Bakso dan Mie Ayam Idolaku, atau lebih sering disebut Bakso Idola.

Warung bakso ini terdiri atas dua bagian, yaitu bagian depan tempat untuk meracik hidangan bakso yang dilengkapi dengan beberapa bangku panjang, dan bagian kedua yang terletak di belakang berupa pendapa yang cukup luas dengan konsep lesehan.

KompasTravel memesan seporsi bakso kuah seharga Rp 12.000. Tidak lama kemudian, pelayan datang mengantarkan mangkuk berisi lima bakso yang terdiri atas bakso halus dan bakso urat.

Semangkuk bakso ini dilengkapi dengan sayuran sawi hijau dan potongan daun seledri serta bawang goreng. Kuah panasnya nikmat dan segar.

Sajian lain yang bisa Anda pesan adalah bakso rusuk, yaitu seporsi bakso yang dilengkapi beberapa potongan rusuk. Harga untuk seporsi besar bakso rusuk adalah Rp 18.000.

Selain itu, Anda juga bisa memesan mi ayam bakso dengan harga Rp 12.000 atau mi ayam biasa seharga Rp 8.000. Sebagai pelengkap, es dawet atau es campur khas Bakso Idola bisa Anda pesan.

KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI Warung Bakso Idola di Jalan Taman Siswa nomor 138, Mergangsan, Yogyakarta dengan konsep duduk lesehan yang nyaman.
Salah seorang pengunjung, Anandi, mengaku sering datang ke Bakso Idola saat musim hujan seperti saat ini.

"Kalau cuaca sedang dingin, enaknya memang makan bakso kuah, apalagi Bakso Idola ini juga ramah di kantong mahasiswa, jadinya cocok," ujar mahasiswa asli Yogyakarta ini.

Warung yang terletak di Jalan Taman Siswa Nomor 138, Mergangsan, Yogyakarta, ini selalu ramai saat makan siang. Bakso Idola juga memiliki dua cabang lainnya di dekat Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, dan di Klaten, Jawa Tengah.

Jika Anda tertarik menikmati sajian Bakso Idola yang dirintis oleh Pak Tikno di Klaten ini, silakan datang ke warung yang buka sejak pukul 09.00 pagi hingga pukul 09.00 malam tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com