Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kambewe, Camilan Jagung Khas Buton Disantap dengan Sambal

Kompas.com - 21/02/2016, 11:05 WIB
Kontributor Baubau, Defriatno Neke

Penulis

BAUBAU, KOMPAS.com - Bila musim jagung manis tiba, masakan kambewe menjadi menu utama bagi masyarakat Kepulauan Buton, Sulawesi Tenggara. Masakan ini 90 persen bahannya menggunakan jagung muda yang diolah bersama bahan makanan yang lain.

Seperti yang dituturkan seorang warga Kelurahan Kadolo, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Isna (48), yang menjual kambewe di pinggir jalan raya. Ia mengatakan, membuat kambewe sangat mudah dan bahannya pun mudah diperoleh.

"Ini bahannya dari jagung muda semua, ada juga campuran lainnya seperti gula merah dan kelapa," kata Isna, Sabtu (20/2/2016).

Sebelum membuatnya, kulit jagung yang bersih dipisahkan dari tongkol jagung. Kulit jagung ini nantinya akan menjadi tempat cetakan kambewe. Kemudian siapkan jagung sebanyak 40 biji, gula merah secukupnya dan kelapa parut secukupnya.

Kemudian jagung muda tersebut diparut atau diblender sampai halus. Setelah halus, adonan jagung tersebut, dicampurkan dengan gula merah dan kelapa parut.

"Setelah merata, satu per satu masukan itu adonan jagung tadi ke dalam kulit jagung. Kemudian dikukus sampai matang, setelah itu disajikan," ujarnya.

Bila dicicipi, kambewe ini mempunyai rasa yang khas, selain rasa manis jagung muda, juga terdapat rasa kelapa yang tercampur dalam masakan ini. Harga kambewe yang dijual Isna cukup murah yakni Rp 5.000 bisa dapat empat buah kambewe.

Seorang penggemar kambewe, Dwi Lestari mengatakan kambewe lebih terasa nikmat disantap bersama menu makanan lain.

"Kalau makan kambewe enak kalau ada sambal dan juga kuah ikan. Rasanya lebih lezat," tuturnya.

Kambewe merupakan masakan khas tradisional Kepulauan Buton yang telah ada sejak ratusan tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com