Kompas.com - 21/02/2016, 14:08 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
BANJARNEGARA, KOMPAS.com – Satu lagi pendakian gunung di kawasan Dieng, Jawa Tengah kembali dibuka untuk umum. Kawasan Dieng yang telah dikenal sebagai kawasan wisata unggulan ini, juga dikenal dengan wisata gunung.

Gunung yang akrab dikenal biasanya ialah Gunung Prau, Bukit Sikunir, dan Gunung Pakuwajan. Kini, ada gunung lagi yang patut Anda coba. Namanya, Gunung Pangonan.

Gunung ini patut menjadi perhatian, karena pos pendakian atau bascamp Gunung berketinggian 2300 mdpl ini telah resmi dibuka sejak Kamis (18/2/2016) kemarin oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, bersamaan dengan perayaan Tawur Agung Umat Hindu di Kawah Sikidang.

Pos pendakian Gunung Pangonan berada di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Pos ditandai dengan bangunan rumah kayu permanen, disertai tempat parkir kendaraan yang amat luas, berada tepat di awal jalur pendakian.

Pos ini cocok menjadi tempat persiapan naik ke gunung, serta melepas dahaga sejenak dari perjalanan dari rumah. Menurut Suyudi, salah seorang pengelola basecamp, Gunung Pangonan cocok untuk semua pendaki.

KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Start awal alur pendakian Gunung Pangonan. Padang Savana ada di tengah-tengahnya.
Para pendaki pemula juga bisa menaiki, lantaran jalan yang dilalui tidak cukup terjal. Jika cuaca terang, puncak gunung juga telah kelihatan dari pos pertama ini.

“Kalau kami naik ke puncak biasanya cuma 20 menit,” kata Suyudi, kepada KompasTravel di sela pembukaan pos pendakian, tengah pekan ini.

Namun jarak tempuh bisa berbeda jauh tergantung dengan kondisi pendaki itu sendiri. Gunung ini, kata dia, mempunyai keunikan dibanding gunung lain yang ada di Dieng.

Jika Gunung Prau bisa menikmati puncak yang luas dan panorama yang indah, sementara Sikunir bisa menikmati pemandangan sunrise yang cantik, Gunung Pangonan menawarkan pengalaman berbeda.

Selain bisa menikmati sunrise dan sunset di atas puncak gunung, Anda juga bisa menikmati sebuah pemandangan panjang berupa padang sabana. Seperti lazimnya padang, di atas Gunung Pangonan, rumput-rumput tumbuh liar nan luas di atas gunung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.