Siap-siap "Klenger" Makan Bakso Ukuran 5 Kilogram

Kompas.com - 22/02/2016, 13:04 WIB
Achmad Fardiansyah Taufik (31) pemilik bakso klenger saat menunjukan ukuran bakso buatanya mulai ukuran 2 kilogram sampai 5 kilogram KOMPAS.com / Wijaya kusumaAchmad Fardiansyah Taufik (31) pemilik bakso klenger saat menunjukan ukuran bakso buatanya mulai ukuran 2 kilogram sampai 5 kilogram
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
SLEMAN, KOMPAS.com - Siapa yang tidak mengenal bakso? Hampir di seluruh Indonesia makanan berbahan daging sapi ini dapat dijumpai dalam berbagai penyajian.

Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tepatnya Jalan Wahid Hasim Nomor 296, Nologaten, Kabupaten Sleman, terdapat warung bakso yang berbeda dengan lainnya. Setiap orang yang datang akan terbelalak melihat ukuran bakso yang disajikan.

Bahkan jika biasanya makan bakso hanya dengan sendok dan garpu, di warung ini pembeli harus menggunakan pisau. Sebab, ukurannya sangat besar. Warung Bakso yang berdiri pada tahun 2011 ini oleh pemiliknya Achmad Fardiansyah Taufik (31) dinamai "Bakso Klenger" .

Penamaan ini berawal dari melihat beberapa pelangganya "klenger" memakan bakso yang ukuranya super besar. "Klenger loh bukan blenger. Klenger itu sudah tidak mampu tapi masih ingin makan, kalau blenger itu sudah sampai tidak ingin lagi," ujar Achmad Fardiansyah Taufik (31), saat ditemui KompasTravel di Warung Bakso Klenger, Jumat (19/02/2016).

Di warung bakso ini, pembeli dapat memilih beberapa ukuran sesuai yang diinginkan. Pertama ada bakso biasa. Bakso ukuranya standar ini dibandrol harga Rp 12.000.

KOMPAS.com / Wijaya Kusuma Achmad Fardiansyah Taufik (31) saat menunjukan bakso ukuran 5 kilogram
Menu Kedua bakso klenger yang memiliki ukuran 250 gram. Bakso klenger 250 gram ini dibandrol harga Rp 22.000.

Jika datang secara beramai-ramai, pembeli diberikan pilihan menu bakso ekstra klenger yang memiliki ukuran 500 gram. Bakso ini dibandrol Rp 45.000 dan bisa dimakan untuk 5-6 orang.

Lalu pembeli juga bisa memilih yang lebih besar lagi yakni, menu Klenger Dasyat. Bakso Klenger Dasyat ini ukurannya 1000 gram (1 kilogram) dan dibandrol dengan harga Rp 75.000.

Tak cukup sampai disitu, Taufik juga memberikan menu ekstra yakni bakso ukuran 2 kilogram sampai dengan ukuran 5 kilogram.

Bakso ukuran 2 kilogram dibandrol dengan harga Rp 150.000, bakso 3 kilogram harga Rp 300.000, bakso 4 kilogram harga Rp 450.000, sedangkan ukuran 5 kilogram harganya Rp 600.000.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X