Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Pintar Siapkan Simulasi Gerhana Matahari Total

Kompas.com - 22/02/2016, 17:03 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tempat wisata edukasi di Kota Yogyakarta Taman Pintar menyiapkan simulasi terjadinya gerhana matahari bagi pengunjung planetarium guna menyambut terjadinya gerhana matahari total pada 9 Maret 2016.

"Selain melihat galaksi dan tata surya melalui planetarium, kami menambahkan pengetahuan mengenai proses terjadinya gerhana matahari. Simulasi ini dapat dinikmati pada 1-9 Maret," kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Jumat (19/2/2016).

Menurut dia, simulasi akan dilakukan di Planetarium dan pengunjung tidak akan dipungut biaya tambahan apapun selain biaya tiket masuk yaitu Rp 15.000 per orang.

Selain menyuguhkan simulasi gerhana matahari total, pada Minggu (28/2/2016) lalu digelar pelatihan bertema gerhana.

"Kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk penyelenggaraan kegiatan ini, seperti BMKG, BPDB dan komunitas," katanya.

Pelatihan dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai cara pengamatan gerhana matahari yang tepat, di antaranya tidak melihat proses terjadinya gerhana secara langsung tetapi bisa menggunakan berbagai peralatan atau teknik.

Peralatan yang bisa digunakan di antaranya adalah kaca yang biasanya digunakan tukang las, kacamata matahari, serta teleskop yang sudah dilengkapi filter matahari.

Intensitas cahaya yang sangat tinggi dari matahari berpotensi merusak retina mata jika masyarakat memaksakan diri untuk langsung mengamati proses terjadinya gerhana matahari.

Sedangkan pada saat terjadinya gerhana matahari total pada 9 Maret, Taman Pintar akan melakukan pengamatan gerhana matahari di Tugu Yogyakarta mulai pukul 06.00 WIB.

Gerhana matahari di Yogyakarta akan mencapai puncaknya pada pukul 07.23 WIB dengan total penutupan matahari oleh bulan sekitar 81,5 persen dan pada pukul 07.36 WIB matahari sudah tidak lagi tertutup bulan.

"Peristiwa yang akan terjadi pada 9 Maret tersebut merupakan fenomena yang sangat langka sehingga kami berhadap bisa terlibat. Untuk melihat fenomena yang sama diperlukan waktu 33 tahun lagi," katanya.

Sejumlah gerhana matahari yang akan terjadi di antaranya adalah gerhana matahari cincin pada 26 Desember 2019, gerhana matahari total pada 20 April 2023, gerhana matahari cincin pada 21 Mei 2031 dan gerhana matahari total pada 20 April 2042. (Antara/Eka Arifa Rusqiyati)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com