Panduan Transportasi Menuju Gunung Papandayan

Kompas.com - 22/02/2016, 20:02 WIB
Hutan mati yang dipenuhi kabut, Gunung Papandayan, Jawa Barat KOMPAS.com/Tri WahyuniHutan mati yang dipenuhi kabut, Gunung Papandayan, Jawa Barat
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
GARUT, KOMPAS.com - Gunung Papandayan yang berketinggian 2.856 meter di atas permukaan laut adalah salah satu pilihan gunung yang menawarkan sensasi petualangan bersama rekan-rekan perjalanan.

Dengan medan pendakian yang dianggap landai dan cenderung mudah, pendaki gunung kerap menjadikan pilihan untuk pendaki gunung. Berikut adalah panduan transportasi menuju Gunung Papandayan.

Gunung Papandayan sendiri terletak Kabupaten Garut, Jawa Barat. Perjalanan menuju Gunung Papandayan dari Kota Jakarta menempuh waktu sekitar 4-6 jam.

KompasTravel sempat mencoba menuju Gunung Papandayan melalui Terminal Bus Primajasa di Cililitan, Jakarta Timur. Bus menuju Terminal Guntur Garut berangkat pada pukul 22.00 WIB.

Bus Primajasa tujuan Terminal Guntur Garut terakhir berangkat pada pukul 22.00 WIB. Di Terminal Bus Primajasa Cililitan, bus berangkat pertama kali pada pukul 03.30 WIB dan berangkat setiap 45 menit. Harga tiket bus Primajasa dari Cililitan ke Terminal Garut, yakni Rp 52.000.

Dari Terminal Guntur Garut, pendaki masih harus menggunakan dua moda transportasi untuk mencapai titik awal pendakian di Gunung Papandayan. Pertama menuju pertigaan Pasar Cisurupan dan kemudian lanjut ke arah Camp David. Camp David merupakan titik awal sebelum melakukan pendakian.

Dari Terminal Guntur Garut, pendaki bisa menggunakan angkutan kota berjenis minibus tujuan Pasar Cisurupan. Jika tak menyewa, harga yang dibutuhkan adalah Rp 13.000 sampai pertigaan Pasar Cisurupan tetapi jika menyewa angkutan tersebut pada malam hari, harga yang ditawarkan adalah Rp 20.000.

Perjalanan dari Terminal Guntur Garut ke pertigaan Pasar Cisurupan ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Kemudian, dari pertigaan Pasar Cisurupan, moda transportasi yang bisa digunakan adalah ojek motor dan juga mobil pikap.

Untuk ojek motor, moda transportasi ini tersedia hingga pukul 17.00 WIB dan bertarif sekitar Rp 20.000 - Rp 25.000. Sementara, mobil pikap harus berisi 16 orang dan bertarif per orang yakni Rp 20.000.

Perjalanan dari pertigaan Pasar Cisurupan sampai titik awal pendakian ditempuh sekitar 30 menit.

Sementara untuk perjalanan pulang, ketika tiba di Camp David, pengojek akan segera menghampiri untuk menawarkan jasa. Selain itu, mereka juga akan menawarkan jasa mobil pikap.

Jika ingin kembali ke Jakarta, hal yang perlu diperhatikan adalah jam keberangkatan bus. Untuk bus Primajasa tujuan Cililitan, terakhir akan berangkat pada pukul 17.30 WIB dan bus-bus tujuan Kampung Rambutan, berangkat terakhir pada pukul 21.00 WIB.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X