Bakso Rusuk Bu Marfuah Ini Bikin Lidah Ketagihan

Kompas.com - 23/02/2016, 13:47 WIB
Bakso rusuk di Palu, satu-satunya sajian bakso dengan campuran rusuk sapi yang mengoda selera. Erna Dwi LidiawatiBakso rusuk di Palu, satu-satunya sajian bakso dengan campuran rusuk sapi yang mengoda selera.
|
EditorI Made Asdhiana

PALU, KOMPAS.com – “Abang tukang bakso, mari-mari sini, saya mau beli. Abang tukang bakso cepat dong kemari, sudah tak tahan lagi...” Bait lagu ini pernah dinyanyikan seorang gadis cilik bernama Melissa, di era 90-an.

Ya, bakso merupakan makanan yang berasal dari Indonesia. Bakso merupakan jenis makanan yang berbahan dasar tepung kanji yang dicampur dengan daging giling, merica halus, serta bawang putih yang dihaluskan.

Kemudian adonan itu dibentuk menjadi bulat. Ada yang berukuran seperti kelereng dan ada pula yang berukuran seperti bola pingpong.

Tak sulit membuat adonan bakso. Bulatan-bulatan bakso itu kemudian dimasukkan ke dalam air yang mendidih, hingga bola-bola bakso itu mengapung. (Baca: 5 Pilihan Warung Bakso di Yogyakarta)

Bakso biasanya disajikan dengan mihun dan mi telor, ditaburi bawang goreng, seledri dan irisan sawi, kemudian disiram pakai kuah bakso. Namun sekarang penyajian bakso mengalami inovasi.

Di Palu, Sulawesi Tengah, tepatnya di Jalan Anoa, Kota Palu, ada penjual bakso yang diberi nama “bakso rusuk”. Penyajiannya sama dengan bakso pada umumnya. Hanya di Warung Bakso Rusuk ini ditambahkan potongan rusuk sapi ke dalam sajian bakso.

Pemilik Warung Bakso Rusuk, Marfuah Agustina (27), mengatakan warung bakso rusuknya ini sudah lama di buka di Palu yakni sekitar 2010 silam. (Baca: Dulu yang Makan di Sini Menyebutnya Bakso Toilet...)

Dalam sehari ia melayani pelanggan kurang lebih 100 orang penggemar bakso. Menurut Marfuah, warung bakso rusuk di Palu cuma ada satu. “Sepertinya cuma saya yang menjual bakso rusuk ini di Palu mbak,” katanya, Senin (22/2/2016).

Marfuah mengatakan walau harga daging sapi mengalami kenaikan, ia menjual harga bakso rusuknya dengan harga normal. Seporsi hanya Rp 15.000 hingga Rp 18.000. Tergantung mau berapa banyak tambahan potongan rusuk sapinya.

Warung Bakso Rusuk bu Marfuah buka dari pukul 09.00 hingga 22.00 Wita. Nah anda mau coba? Bolehlah jika sekali-kali berkunjung ke Palu, mampirlah ke Warung Bakso Rusuk buatan bu Marfuah di Jalan Anoa. Dijamin pasti ketagihan.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X