Kompas.com - 23/02/2016, 14:37 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
GORONTALO, KOMPAS.com– Arak-arakan perayaan Goan Siauw di Kelenteng Tulus Harapan Kita (Thian Hou Kiong) Kota Gorontalo menyita perhatian warga. Bahkan separuh kota yang dikenal Serambi Madinah ini macet.

Empat tangsin keluar tahun ini, mereka menaiki kio yang dipikul wargaTionghoa keliling kota Gorontalo. Prosesi arak-arakan diawali dengan pembakaran Hu di depan kelenteng untuk membuka jalan.

Bendera 36 panglima turut menyemarakkan prosesi ini setelah iring-iringan barongsai, ondel-ondel, dan naga. (Baca: Meriah, Meski Hujan Puluhan Barongsai tetap Menari)

“Prosesi perayaan Goan Siauw ini keluar berarti Tuhan memberkati Kota Gorontalo, kondisi masyarakat aman dan damai. Namun jika mengisyaratkan tangsin tidak keluar berarti kita diminta untuk waspada,” kata Chandra, di Kelenteng Thian Hou Kiong, Senin (22/2).

Atraksi tangsin yang menusuk tubuhnya dengan besi dan melukai tubuhnya dengan pedang menjadi tontonan warga Gorontalo. Atraksi ini yang menyedot perhatian warga. (Baca: Sensasi Menegangkan di "Pawai Tatung" Singkawang, Berani Lihat?)

Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat menghadiri prosesi ini menegaskan bahwa Kota Gorontalo terbuka luas bagi kegiatan umat Tri Dharma.

“Kalau boleh setiap tahun Tangsin selalu keluar, agar menjadi atraksi pariwisata daerah kita,” kata Marten Taha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.