Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berwisata Cantik Tanpa Kantong Plastik di Pantai Mertasari Sanur

Kompas.com - 23/02/2016, 17:39 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Dalam rangka Hari Peduli Sampah 2016, Balai KSDA Bali dan Bali Safari menggelar bersih-bersih sampah di Pantai Mertasari Sanur, Denpasar dengan tema "Berwisata Cantik Tanpa Kantong Plastik".

"Harapan kamu agar masyarakat peduli terhadap alam yang cantik ini, Pantai Mertasari ini, dijaga terus, biar cantik dilihat wisatawan. Mari berwisata cantik tanpa kantong plastik," kata Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH) Kementerian Kehutanan, Bambang Dahono Adji, di Denpasar, Selasa (23/2/2016). (Baca: Nusa Lembongan Jadi Incaran Wisman)

Acara ini diikuti personel TNI dan Polri yang ikut serta membersihkan sampah plastik di sekitar pantai yang kesehariannya memang sudah dijaga kebersihannya.

Kondisi ini diharapkan tetap dipertahankan agar wisatawan tetap betah dan semakin meningkat dalam menunjang kunjungan wisatawan.

"Baguslah kalau ada program seperti ini. Wisatawan juga senang. Saya mandi di pantai ini enak, bersih dan ombaknya juga tenang," kata Arif, salah satu wisatawan dari Makassar, Sulawesi Selatan. (Baca: Wisman Pilih Bulan Madu di Pantai Selatan Bali, Wisnus Pilih Ubud)

KOMPAS.COM/SRI LESTARI Pantai Mertasari di Sanur, Denpasar, Bali, Selasa (23/2/2016).
Sementara Direktur KKH Bambang Dahono Adji juga mengingatkan semua pihak bahwa Bali yang menjadi destinasi wisata tidak hanya nasional tapi juga internasional selayaknya mendapat perhatian ekstra.

"Tidak hanya pihak otoritas saja tapi peran masyarakat sekitar dan pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mengurangi penggunakan kantong plastik," katanya.

Sehingga, menurut Bambang, problematika terkait sampah terutama sampah plastik akan tetap teratasi dan lingkungan sekitar akan tetap terjaga kebersihannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com